Yang dimaksud sifat humoris itu apa ?

Yang dimaksud sifat humoris itu apa ?

Jawaban:

Apa itu humoris?

Humoris adalah orang yang mempunyai rasa humor atau orang yang jenaka, lucu, atau menggelikan hati

Pembahasan

Kata humoris berasal dari kata humorist (bahasa Inggris) yang diserap menjadi bahasa Indonesia. Dalam bahasa Inggris, humorist (etimologi : humor + -ist), berbentuk kata benda, bukan kata sifat.

Humoris (kata benda), artinya adalah orang yang mempunyai rasa humor.

Sedangkan humor (kata benda), mempunyai arti

  1. sesuatu yang lucu
  2. keadaan (dalam cerita dan sebagainya) yang menggelikan hati; kejenakaan; kelucuan

Jadi, apabila ditulis “sifat humoris” kurang tepat, karena kata humoris menunjukkan pada seseorang. Sehingga lebih tepat bila ditulis ‘orang yang humoris’.

Tetapi apabila ditulis “sifat humor’ juga kurang tepat, karena kata SIFAT diikuti dengan kata sifat atau adjektiva. Contoh sifat lucu, sifat unik, dan lain-lain.

Contoh dalam kalimat:

  • Laki-laki itu humoris. Apa pun yang ia ceritakan dapat membuat kami tertawa terpikal-pikal.
  • Ia mempunyai rasa humor yang unik.

Tetapi, dalam sejarah pembentukan bahasa serapan, kita mengenal sufiks -is, yang berasal dari bahasa Belanda -isch. Dalam bahasa Belanda, kata yang berakhiran -isch membentuk kata sifat. Sehingga akhiran -is menyatakan sifat seperti yang tersebut pada kata dasar.

Kita perlu juga memperhatikan asal kata humoris untuk menentukan apakah humoris termasuk dalam kata benda atau kata sifat. Jika dicari di kamus bahasa Belanda, kata humorisch tidak ditemukan. Tetapi kata humorist ada di kamus bahasa Inggris.