Unsur-unsur pembuatan proposal, kecuali ….. *

Unsur-unsur pembuatan proposal, kecuali ….. *
a. dasar pemikiran
b. maksud dan tujuan
c. peserta
d. penutup
e. bahasa

Berikut ini yang tidak perlu dicantumkan dalam proposal penyelenggaraan lomba peringatan Sumpah Pemuda adalah ….. *
A. Panitia
B. Latar belakang
C. Tujuan
D. Format notula
E. Anggaran biaya

Kegiatan pelatihan kepemimpinan akan dilaksanakan pada hari Sabtu 10 Oktober 2015, jam 15.00 di aula sekolah. Dalam proposal, bagian tersebut lebih tepat dimaksukkan ke bagian …. *
a. Sarana kegiatan
b. Penyelenggaraan kegiatan
c. Waktu dan tempat kegiatan
d. Komponen kegiatan
e. Prosedur kegiatan

Setiap tahun disekolah saya diadakan perkenalan bersama (Persama) dari berbagai kegiatan ekstrakulikuler. Kegiatan ini sudah disusun dalam program kerja OSIS. Panitia yang terbentuk akan merencanakan kegiatan tersebut tanggal 4-15 September 2004 di perkemahan Cidahu, Sukabumi. Untuk itu, panitia menyusun proposal.Kalimat berisi tujuan pelaksanaan kegiatan dalam penulisan proposal sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah …. *
a. Kegiatan OSIS ini sudah disusun dalam program jangka panjang sehingga harus dilaksanakan sesuai dengan program yang ada.
b. Kegiatan ini dilaksanakan di Cidahu, Sukabumi dan pesertanya adalah seluruh siswa kelas X dan pengurus OSIS.
c. Kegiatan ini akan berlangsung dari tanggal 4-5 September 2004, untuk itu segera daftarkan diri ke ruang secretariat OSIS.
d. Kegiatan persama ini diadakan untuk mengakrabkan dan menjalin kerja ama antara anggota OSIS dari berbagai ekstrakulikuler yang ada di sekolah
e. Kegiatan ini memerlukan dana yang cukup besar. Oleh karena itu, setiap peserta dikenakan biaya Rp. 50.000.00

Hal yang perlu di ulas dalam proposal pada bagian dasar pemikiran adalah …. *
a. Manfaat yang dapat diperoleh melalui kegiatan
b. Alasan-alasan pentingnya untuk melakukan suatu kegiatan
c. Hasil yang diperoleh lewat terlaksananya suatu kegiatan
e. Pihak-pihak yang mendapatkan manfaat dari kegiatan
d. Perencanaan jadwal kegiatan

Hal yang tercantum dalam ruang lingkup proposal adalah …. *
a. Pihak yang bisa memperoleh manfaar dari kegiatan
b. Pihak penyelenggaraan kegiatan
c. Pihak pendukung kegiatan
d. Pihak sponsor
e. Pihak penanggungjawab kegiatan

Kebudayaan merupakan karakter dan jati diri bagi setiap bangsa. Bangsa Indonesia memiliki keragaman seni budaya, terutama dalam bentuk tarian yang tersebar di seluruh pelosok tanah air. Yakni dari sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Rote dengan keunikan dan identitasnya. Tari-tarian itu akan lebih menarik apabila dipentaskan secara kolosal. Tujuan proposal berdasarkan penggalan latar belakang di atas adalah ….. *
a.Memasyarakatkan tari daerah
b. Melestarikan tari daerah
c. Mendemonstrasikan tari daerah
d. Menyelenggarakan pentas tari daerah
e. Meningkatkan kecintaan terhadap seni budaya

Jawaban:

Unsur-unsur pembuatan proposal, kecuali bahasa (E).

Berikut ini yang tidak perlu dicantumkan dalam proposal penyelenggaraan lomba peringatan Sumpah Pemuda adalah format notula (D).

Kegiatan pelatihan kepemimpinan akan dilaksanakan pada hari Sabtu 10 Oktober 2015, jam 15.00 di aula sekolah. Dalam proposal, bagian tersebut lebih tepat dimaksukkan ke bagian waktu dan tempat kegiatan (C).

Pembahasan

Setiap tahun di sekolah saya diadakan perkenalan bersama (Persama) dari berbagai kegiatan ekstrakulikuler. Kegiatan ini sudah disusun dalam program kerja OSIS. Panitia yang terbentuk akan merencanakan kegiatan tersebut tanggal 4-15 September 2004 di perkemahan Cidahu, Sukabumi. Untuk itu, panitia menyusun proposal. Kalimat berisi tujuan pelaksanaan kegiatan dalam penulisan proposal sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah Kegiatan persama ini diadakan untuk mengakrabkan dan menjalin kerja ama antara anggota OSIS dari berbagai ekstrakulikuler yang ada di sekolah (D).

Hal yang perlu diulas dalam proposal pada bagian dasar pemikiran adalah Alasan-alasan pentingnya untuk melakukan suatu kegiatan (B).

Hal yang tercantum dalam ruang lingkup proposal adalah Pihak yang bisa memperoleh manfaat dari kegiatan (A).

Kebudayaan merupakan karakter dan jati diri bagi setiap bangsa. Bangsa Indonesia memiliki keragaman seni budaya, terutama dalam bentuk tarian yang tersebar di seluruh pelosok tanah air. Yakni dari sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Rote dengan keunikan dan identitasnya. Tari-tarian itu akan lebih menarik apabila dipentaskan secara kolosal. Tujuan proposal berdasarkan penggalan latar belakang di atas adalah Menyelenggarakan pentas tari daerah (D).