Tuliskan sebuah ayat beserta artinya yang menjelaskan gambaran malaikat !

Tuliskan sebuah ayat beserta artinya yang menjelaskan gambaran malaikat !

Jawaban:

Ayat beserta artinya yang menjelaskan gambaran malaikat, merupakan penjelasan Allah tentang gambaran malaikat kepada hambaNya yang beriman.

Pembahasan

Ayat yang menggambarkan tentang malaikat, Surat al-Fatir ayat 1:

الْحَمْدُ لِلَّهِ فَاطِرِ السَّمَوَاتِ وَالأرْضِ جَاعِلِ الْمَلائِكَةِ رُسُلا أُولِي أَجْنِحَةٍ مَثْنَى وَثُلاثَ وَرُبَاعَ يَزِيدُ فِي الْخَلْقِ مَا يَشَاءُ إِنَّ اللَّهَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Artinya:

Segala puji bagi Allah Pencipta langit dan bumi, Yang menjadikan malaikat sebagai utusan-utusan (untuk mengurus berbagai macam urusan) yang mempunyai sayap, masing-masing (ada yang) dua, tiga dan empat. Allah menambahkan pada ciptaan-Nya apa yang dikehendaki-Nya. Sesungguhnya Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.

Dari ayat tersebut digambarkan bahwa malaikat itu memiliki sayap, ada yang memiliki 2 sayap, 3 sayap dan ada juga yang memiliki 4 sayap.

Firman Allah SWT dalam surat Al-Anbiya’ ayat 19-20

وَمَنْ عِنْدَهُ لَا يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِهِ وَلَا يَسْتَحْسِرُونَ يُسَبِّحُونَ اللَّيْلَ وَالنَّهَارَ لَا يَفْتُرُونَ

Artinya : “Dan malaikat-malaikat yang di sisi-Nya, mereka tiada mempunyai rasa angkuh untuk menyembah-Nya dan tiada (pula) merasa letih. Mereka selalu bertasbih malam dan siang tiada henti-hentinya.”

Ayat diatas menggambarkan bahwa malaikat tidak mempunyai sifat angkuh dan tidak pernah letih untuk beribadah.