Syahadatain artinya adalah??

Syahadatain artinya adalah??

Jawaban:

syahadatain artinya adalah dua kalimat syahadat, yaitu dua kalimat kesaksian yang menunjukan bahwa kita seorang muslim. Dua kalimat ini adalah Asyhadu an La illaha illa ALLAH wa Asyhadu anna Muhammadar Rasulullah yang artinya  “Saya bersaksi bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah, dan saya bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah.”

 

PEMBAHASAN

Adik-adik , untuk menjadi seorang muslim dan sah keislamananya maka seseorang harus mengucapkan dua kaliamt syahadat atau disebut dengan syahadatain. syahadatain artinya adalah dua kalimat persaksian, yaitu dua kalimat kesaksian yang menunjukan bahwa kita seorang muslim. Dua kalimat ini adalah yang pertama kalimat persaksian tauhid dan yang kedua adalah kalimat persaksian Rasul Kedua kalimat syahadat itu adalah:

أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ

وَ أَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللهِ

 

Asyhadu an La illaha illa ALLAH

wa Asyhadu anna Muhammadar Rasulullah

 

yang artinya  “Saya bersaksi bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah,

dan saya bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah.”

 

1. Laa illaha illallah artinya adalah tidak ada yang berhaq disembah selain ALLAH. maksudnya adalah mengeluarkan seluruh keyakinan terhadap makhluk dari dalam hati dan hanya memasukan kebesaran ALLAH kedalam hati.

Fadhilah dari kalimat Laa illaha illallah :

Dari Abu Dzar radhiyallahu anhu, Rasulullah bersabda “tidak ada seorang hambapun yang mengucapkan kalimat Laa illaha ilallah kemudian ia mati diatas keyakinan tersebut, kecuali dia masuk surga” ( HR. Bukhori)

 

Muhammadur Rasulullah artinya adalah Rasulullah Muhammad adalah utusan ALLAH. maksudnya adalah meyakini bahwa satu-satunya jalan untuk mendaptkan kejayaan di dunia maupun di akhirat hanya dengan mengikuti Rasulullah .

Fadhilah dari kalimat Muhammadur Rasulullah :

“barangsiapa yang menghidup sunnahku berarti dia mencintaiku, dan barangsiapa telah cinta padaku maka dia bersamaku didalam surga” (HR. Tirmidzi)