Sikap yang tepat ketika mendapat cobaan adalah …

Sikap yang tepat ketika mendapat cobaan adalah …
a. Mengeluh
b. Bersedih
c. Pesimis
d. Bersabar

Jawaban:

Sikap yang tepat ketika mendapat cobaan adalah …

a. Mengeluh

b. Bersedih

c. Pesimis

dBersabar 

Pembahasan :

Sabar berasal dari B.Arab صَبَرَ-يَصْبِرُ yg berarti menahan.Sabar menurut Istilah adalah menahan diri dari berbagai kesulitan dan menyikapinya menggunakan akal dan syariat,menjaga lisan dari menggunjing serta menahan semua anggota tubuh dari perbuatan yang dilarang Allah.Keutamaan Sabar :

  1. Mendapatkan pahala tanpa batas
  2. Mendapatkan pertolongan dan Allah bersamanya

Bersabar dalam menjalankan ketaatan kepada Allah.Sabar dalam menjalankan pribadi meliputi :

  • Sabar dalam berdakwah
  • Sabar dalam menuntut ilmu
  • Sabar dalam mengamalkan ilmu

Allah berfirman :

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوا اسۡتَعِيۡنُوۡا بِالصَّبۡرِ وَالصَّلٰوةِ ؕ اِنَّ اللّٰهَ مَعَ الصّٰبِرِيۡنَ

Artinya :

Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat. Sungguh, Allah beserta orang-orang yang sabar.

Hadits :

عَنْ اَبِيْ يَهْيَ صُهَيْبِ بْنِ سِنَا نِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَلَ : قَلَ رَسُوْ للّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَجَبًا ِلأَمْرِ الْمُؤْمِنِ إنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ لَهُ خَيْرٌ وَلَيْسَ ذَلِكَ ِلأَحَدٍ إِلاَّ لِلْمُؤْمِنِ، إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ، وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْراً لَهُ

Artinya :

Dari Abi Yahya Shuhaib bin Sinan r.a. ia berkata : Rasulullah SAW bersabda “Sungguh mengagumkan keadaan orang mukmin ! Segalanya serba baik,dan itu dimiliki kecuali oleh orang mukmin.Jika dia dapat mendapat kesenangan maka dia bersyukur dan jika dia mendapat kesusahan maka dia bersabar sehingga itu adalah kebaikan baginya”.