Siapakah penemu permainan bola basket?​

Siapakah penemu permainan bola basket?​

Jawaban: 

Penemu permainan bola basket adalah Dr. James Naishmith pada tahun 1891.

Pembahasan

Permainan bola basket adalah salah satu olahraga bola besar yang dimainkan secara beregu dan dalam setiap regu terdiri dari dua regu yang saling berhadapan. Permainan bola basket merupakan salah satu olahraga yang identik dengan permainan bola tangan. Permainan bola basket diciptakan oleh seorang guru bernama Dr. James Naishmith pada tahun 1891. Dalam permaiann bola basket, setiap regu terdiri dari 5 pemain yang berada di lapangan dan beberapa pemain cadangan.

Permainan bola basket dimainkan di lapangan indoor dengan ukuran lapangan tertentu. Dalam permainan bola basket, setiap pertandingan dimainkan dalam 4 babak. Dalam setiap babak dimainkan dalam durasi waktu 10 menit. Pada setiap pergantian babak, terdapat jeda waktu selama 10 menit. Maka dalam setiap pertandingan, permainan bola basket dimainkan dalam durasi waktu 80-90 menit.

Dalam permainan bola basket, terdapat beberapa teknik dasar yang harus dikuasai oleh setiap pemain agar pemain dapat bermain bola basket dengan baik dan benar. Teknik dasar dalam permainan bola basket adalah.

  1. Teknik passing.
  2. Teknik shooting.
  3. Teknik dribbling.
  4. Teknik pivot.
  5. Teknik rebound.