Setelah memproklamasikan kemerdekaan indonesia harus berhadapan dengan

Setelah memproklamasikan kemerdekaan indonesia harus berhadapan dengan

Jawaban:

Setelah memproklamasikan kemerdekaan indonesia harus berhadapan dengan Belanda yang memboncengi tentara sekutu untuk mengambil kembali kedaulatan Indonesia.

 

Pembahasan :

Latar Belakang Belanda Kembali

Pada awal kemerdekaan Indonesia, Indonesia tidak sepenuhnya merdeka bahkan saat telah dilakukannya proklamasi. Saat Jepang menyerah kepada tentara sekutu, tentara sekutu yang bersama dengan Belanda yang tujuan awalnya ingin melucuti senjata para tentara Jepang, malah berbalik menyerang kembali Indonesia untuk menancapkan kembali kekuasaannya di Indonesia. Negara Indonesia akhirnya kembali melancarkan perlawanan terhadap Belanda.

Perlawanan – Perlawanan yang Dilakukan

Perlawanan yang dilakukan oleh Indonesia banyak jumlahnya, baik perlawanan besar maupun kecil yang dilakukan oleh kelompok-kelompok tertentu bersama dengan TKR (Tentara Keamanan Rakyat) -> diubah namanya menjadi TNI. Untuk itu saya menyebutkan singkat beberapa perlawanan di Pulau Jawa.

  • Pertempuran Surabaya / Pertempuran 10 November (27 Oktober – 19 November 1945), dipimpin oleh Bung Tomo karena adanya ultimatum dari sekutu untuk masyarakat Surabaya menyerah kepada sekutu.
  • Pertempuran Ambarawa (20 Oktober – 15 Desember 1945), dipimpin oleh Letnan Kolonel Isdiman (Gugur dalam perang) dan Kolonel Sudirman (Pelancar Perang Gerilya) untuk melawan Belanda (NICA) dan Inggris di Ambarawa.
  • Pertempuran Lima Hari (15 Oktober – 19 Oktober 1945) yang merupakan perlawanan TKR (Tentara Keamanan Rakyat) kepada pasukan Jepang.