Seseorang membutuhkan kemahiran berfikir logis agar menghasilkan

Seseorang membutuhkan kemahiran berfikir logis agar menghasilkan
A. kesimpulan yang benar
B. subjektif dalam berfikir
C. pengetahuan mistik
D. peta minda
E. paradigma berfikir

Jawaban:

Seseorang membutuhkan kemahiran berpikir lolgis agar dapat menghasilkan kesimpulan yang benar. Berpikir logis adalah proses berpikir yang sesuai logika, rasional, dan masuk akal. Artinya untuk menghasilkan kesimpulan yang benar, harus melalui proses berpikir yang sistematis dan objektif. Misalnya diawali dengan proses menganalisi masalah, membuat dugaan, melakukan eksperimen atau analisis lingkungan, dan baru menarik kesimpulan. Kesimpulan yang benar dari hasil berpikir logis dihasilkan lebih kepada pengalaman atau eksperimen yang masuk akal dan dapat dibuktikan serta melalui rangkaian proses berpikir yang terstruktur dan sistematis.

 

Pembahasan:

Untuk dapat berpikir logis, seseorang membutuhkan kemampuan:

  • Membangun pola pikir positif atau konstruktif. Pola pikir positif akan mengarahkan kepada harapan untuk mendapatkan hasil yang baik dari proses berpikir. Kita memiliki keyakinan akan adanya kesimpulan yang benar yang akan didapat pada akhirnya.
  • Mampu mengolah emosi dan ego diri. Saat emosi dan ego diri tinggi, maka kemampuan logika kita menurun, dan lebih diarahkan menggunakan perasaan, sehingga akan menghasilkan kesimpulan yang lebih subjektif.
  • Mampu menganalis dari awal hingga akhir secara perlahan dan detail. Dengan kemampuan ini maka proses berpikir logis akan lebih terstruktur dan sistematis. Kita dapat memahami kejadian secara berurutan dan mudah mendapatkan kesimpulan yang objektif dan benar.
  • Mau mengkondisikan diri untuk menerima pendapat orang lain. Jadi kita belajar untuk menganalisis dari pendapat-pendapat orang lain juga. Sehingga luas pemikirian kita namun tetap harus berlogika dan masuk akal.