Selat dardanela merupakan salah satu batas pemisah antara

Selat dardanela merupakan salah satu batas pemisah antara

Jawaban:

Selat Dardanela merupakan salah satu batas pemisah antara Benua Eropa dan Benua Asia.

 

Pembahasan:

 

Selat Dardanela adalah sebuah selat yang terletak di negara Turki, di dekat kota Istanbul. Selain ini menghubungkan antara Laut Aigea dengan Laut Marmara.

 

Bersama dengan Selat Bosporus yang menghubungkan Laut Marmara dan Laut Hitam, Selat Dardanela menjadi jalur pelayaran penting dalam sejarah Eropa, karena menghubungkan Laut Hitam (dan negara sekitarnya seperti Bulgaria, Ukraina, Russia dan Georgia) dengan Laut Mediterania.

 

Lokasi selat ini memisahkan Benua Asia (Semenanjung Anatolia) dan Eropa (Semenanjung Galipoli).

 

Lokasinya yang strategis membuat banyak pelayaran di selat ini. Hal ini membuat Selat Dardanella dan Selat Bosporus menjadi faktor yang membuat Konstantinople (sekarang Istanbul), sebagai kota terbesar di Abad Pertengahan, dan menjadi ibukota Kekaisaran Romawi Timur, dan setelah tahun 1453, menjadi ibukota Kekaisaran Turki Usmani. Kota ini juga menjadi pusat keagaamaan Kristen Orthodox, sebagai tempat Patriach Konstantinople, salah satu pemimpin tertinggi agama Kristen Orthodox.

 

Selat ini memiliki panjang 61 kilometer (38 mi) tetapi lebarnya hanya 1.2 sampai 6 kilometer, sehingga bersama dengan Selat Bosporus menjadi tempat penyeberangan utama antara Asia dan Eropa.

 

Lokasi selat ini juga merupakan lokasi strategis sejara militer, dan merupakan lokasi petempuran Galipoli, ketika pasukan Sekutu (Inggris, Australia dan koloni lainya) menyerang Turki Usmani pada tahun 1915 dalam Perang Dunia I.