sejarah sebagai ilmu karena memiliki ciri ciri berikut,kecuali…..

sejarah sebagai ilmu karena memiliki ciri ciri berikut,kecuali…..

a,tujuan

b,metode

c,subjektif

d,sistematis

e,rasional

Jawaban:

Sejarah sebagai ilmu karena memiliki ciri ciri berikut, kecuali…..

a, tujuan

b, metode

c, subjektif

d, sistematis

e,rasional

Pembahasan

Ada beberapa hal yang menjadikan sejarah sebagai ilmu. Di antaranya adalah:

  • Memiliki Tujuan

Artinya bahwa sejarah sebagai ilmu akan memberikan tujuan dari suatu penelitian sejarah yang akan dibuat. Tujuan ini tergantung pada apa judul penelitian sejarah yang akan dibuat oleh sejarawan atau seseorang di dalam melakukan penelitian sejarah yang dituju.

  • Memiliki Metode

Sejarah sudah pasti memiliki metode, karena sejarah memiliki cara tersendiri untuk melakukan penelitian sejarah. Ini semua dimulai dari pemilihan topik, heuristik, kritik, interpretasi, hingga historiografi. Sejarah sebagai ilmu pasti memiliki metode khusus untuk menjelaskan suatu peristiwa sejarah.

  • Bersifat sistematis

Sistematika di dalam sejarah artinya adalah bahwa sejarah yang dikaji adalah sejarah yang memilki sistematika penulisan yang sesuai dengan kaidah keilmuan. Sejarah pasti memiliki kaidah keilmuan yang kemudian dirunut berdasarkan keilmuan itu sendiri.

  • Rasional

Sejarah pasti memilki sifat yang rasional. Rasionalitas di dalam sejarah adalah fakta dan logika dalam peristiwa sejarah itu sendiri. Contohnya adalah kausalitas yang sangat lekat dengan  logika atau objektivitas.

Adapun Subjetktif bukan dari sejarah sebagai ilmu, karena sejarah sebagai ilmu pada umumnya mencari objektivitas di dalam peristiwa sejarah itu sendiri.