Sebutkan Sumber energi yang dapat diperbaharui dan sumber energi yang tidak dapat diperbaharui!

Sebutkan Sumber energi yang dapat diperbaharui dan sumber energi yang tidak dapat diperbaharui!

Jawaban:

Sumber energi yang dapat dipebarui :
Sumber energi yang dapat diperbarui adalah sumber daya energi yang dapat terus digunakan tanpa batas waktu tertentu dan tidak akan pernah habis. Contoh:
1. Panas
Panas dapat berasal dari panas matahari maupun panas bumi sendiri. Panas ini dapat digunakan sebagai sumber pembangkit listrik baik pembangkit listrik tenaga matahari maupun pembangkit listrik tenaga panas bumi.

2. Air
Air dapat digunakan sebagai sumber daya yaitu pembangkit listrik tenaga air. Kekuatan air yang mengalirakan mengaktifkan turbin yang mengaktifkan generator yang kemudian membangkitkan listrik.

3. Angin
Sumber energi yang berasal dari angin dapat digunakan secara sederhana untuk menggerakkan kapal layar dan hingga menggerakkan mesin untuk memproduksi listrik (kincir angin).

4. Biomassa atau Biogas
Biomassa dihasilkan dari keseluruhan makhluk hidup (hidup atau mati), seperti tumbuh-tumbuhan, binatang, mikroorganisme dan bahan organik yang sebagian besar mengandung atom karbon. Apabila kita membakar biomassa, maka karbon tersebut akan dilepaskan ke udara dalam bentuk karbon dioksida (CO2), serta dapat juga dihasilkan dari proses pembusukan mikroorganisme.

5. Sampah Organik
Sampah organik merupakan jenis sampah yang dapat diuraikan oleh mikroorganisme yang akan menghasilkan biogas untuk energi listrik (PLTG) dan energi panas (kompor gas).

Sumber energi yang tidak dapat dipebarui :
Sumber energi yang tidak dapat diperbarui adalah sumber daya energi yang akan habis bila terus digunakan dan tidak dapat dbentuk kembali. Contoh:
1.Minyak bumi
Minyak bumi adalah salah satu sumber daya alam yang paling diperlukan manusia. Hasil olahan minyak bumi bisa digunakan untuk menyalakan tenaga listrik, menggerakan dan menjalankan kendaraan bermotor, menyalakan tenaga mesin pabrik dan lain sebagainya. Meskipun begitu jumlah terbatas serta tidak dapat diperbarui.

2. Batubara
Batubara dipakai sebagai sumber energi, contohnya adalah sebagai bahan bakar kereta api serta kapal laut. Batubara mempunyai prosentase jumlah karbon yang tinggi. Karbon-karbon tersebut bisa diolah manusia untuk menjadi sumber energi

3. Gas Bumi
Gas bumi mempunyai kegunaan sebagai penyedia energi. Gas bumi dipakai untuk bahan bakar memasak aatau bahan bakar penggerak mesin namun jumlah sangat terbatas dan tidak dapat diperbarui.