Sebutkan sifat sifat wajib bagi rasul!

Sebutkan sifat sifat wajib bagi rasul!

Jawaban:

sifat sifat wajib bagi rasul adalah Shidiq ( jujur ) , amanah ( dapat dipercaya ), tabligh  ( menyampaikan ) dan fathonah ( cerdas ). Sedangkan sifat mustahil dari bagi rasul adalah kidzib ( dusta ), khianat ( tidak bisa dipercaya ), kitman ( menyembunyikan ) dan jahlun ( bodoh )

PEMBAHASAN

Adik-adik, Nabi dan Rasul adalah utusan ALLAh di bumi yang bertugas menyampaikan ketauhidan ALLAH, dan memberi penerangan bagi umat manusia menuju jalan cahaya. Perbedaan anatara Nabi dan rasul adalah Nabi tidak wajib menyampaikan risalah kenabiannya, namun seorang rasul wajib menyampaikan apa yang telah ia terima kepada Kaumnya. Diriwayatkan dari sayiddina Abu Dzar bahwa jumlah nabi adalah 124.000 orang, dan jumlah sahabat 313 orang. Dan perlu adik-adik ketahui bahwa tidak satupun kaum di muka bumi ini yang tidak diturunkan Nabi kepada mereka untuk menyampaikan tauhid.

 

ada 25 nabi dan Rasul yang terdapat dalam AL quran dan wajib kita ketahui yaitu  Nabi Adam, Idris, Nuh, Hud, Sholeh, Ibrahim, Luth, Ismail, Ishaq, Ya’qub, Yusuf, Ayyub, Syuaib, Harun, Musa, Ilyasa’, Dzulkifli, Dawud, Sulaiman, Ilyas, Yunus, Zakaria, Yahya, Isa dan Rasulullah Muhammad SAW.

Nah adik- adik, seluruh nabi dan rasul yang ALLAH utus kedunia memiliki kesamaan sifat, yaitu 4 sifat wajib yang pasti dimiliki oleh nabi dan rasul, keempat sifat itu adalah Shidiq ( jujur ) , amanah ( dapat dipercaya ), tabligh  ( menyampaikan ) dan fathonah ( cerdas ). Dan ada 4 sifat mustahil yang ada pada nabi dan rasul, yaitu kidzib ( dusta ), khianat ( tidak bisa dipercaya ), kitman ( menyembunyikan ) dan jahlun ( bodoh ). Kali ini kakak akan menjelaskan pengertian dari 4 sifat wajib rasul.

1. Shidiq ( jujur ) , setiap nabi dan rasul yang ALLAH utus pastilah jujur, baik dalam perbuatan maupun ucapannya. Bahkan sifat kejujuran ini telah ada sebelum saat diwahyukannya tugas kenabian, sebagaimana Rasulullah terkenal sebagai orang paling jujur di mekkah, bahkan sejak beliau kecil.

2.  amanah ( dapat dipercaya ), nabi dan rasul harus bisa dipecaya dalam perbuatan maupun ucapannya. Baik secara batin maupun dzohirnya. Karena tidak ada satupun kelakuan seorang rasul tanpa maksud dari ALLAH

3. tabligh  ( menyampaikan ) , tidak ada satupu nrasul yang menyimpan wahyu untuk dirinya sendiri, ia pasti menyampaikannya kepada orang lain, karena inilah maksud dari tugas kerosulan, yaitu mengajak kepada ALLAH

4.  fathonah ( cerdas ), tidak ada satupun rasul yang bodoh, pastilah seorang rasul itu cerdas dan pintar, karena ujian kepada seorang rasul begitu berat, maka perlu untuk cepat menyelesaikan masalah denga kecerdasannya. Contohnya rasulullah , seorang pemimpin, panglima perang, pebisnis, politisi dan lain-lain.