Sebutkan pengaruh positif dari globalisasi yang sudah kalian rasakan?

Sebutkan pengaruh positif dari globalisasi yang sudah kalian rasakan?

Jawaban: 

Pengaruh positif dari globalisasi yang bisa dirasakan adalah:

  • Kemudahan mencari informasi;
  • Kemudahan melakukan komunikasi jarak jauh;
  • Melakukan perdagangan online;
  • Bepergian ke luar negeri dengan menggunakan pesawat;
  • Mengikuti pembelajaran secara online; dan
  • Meningkatnya fasilitas kesehatan.

 

Pembahasan

Globalisasi sebenarnya sudah terjadi sejak lama, namun memang dengan adanya perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terjadi sekarang ini seperti mempercepat proses globalisasi di setiap negara. Globalisasi sendiri adalah proses menyatunya seluruh negara di dunia karena adanya kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Hal ini disebabkan oleh dengan adanya kemajuan ilmu pengetahuan. Pada bidang komunikasi saja, kita bisa berinteraksi dengan orang yang berada di belahan dunia manapun kapan saja dengan mudah. Selain itu, kemajuan pada alat transportasi juga memudahkan setiap orang untuk pergi ke luar negeri dengan jauh lebih mudah dan jauh lebih cepat. Oleh karena itu, di era globalisasi ini konsep ruang dan waktu bukan lagi menjadi hal yang fundamental.

Menghilangnya konsep ruang dan waktu di era globalisasi ini juga memunculkan istilah desa global. Desa global sendiri menggambarkan keadaan dimana batas-batas wilayah yang dimiliki oleh suatu negara seakan-akan menghilang karena adanya globalisasi ini. Berikut adalah beberapa dampak positif dari globalisasi:

  • Kemudahan komunikasi: dengan penggunaan internet. kita bisa berkomunikasi dan berinteraksi dengan siapa saja tanpa memperdulikan jaraknya.
  • Kemudahan informasi: dengan penggunaan internet kita bisa mencari informasi dengan jauh lebih mudah. Hal ini sangat signifikan karena sebelum ada internet untuk mencari informasi kita harus pergi ke perpustakaan atau bahkan pergi untuk menemui orang yang kredibel untuk mendapatkan informasi tertentu.
  • Ekonomi: globalisasi juga meningkatkan potensi pertumbuhan ekonomi secara drastis. Salah satu bentuknya adalah semua orang bisa menggunakan e-commerce untuk memulai perdagangan secara online yang memiliki pasar yang sangat luas karena tidak terpatok hanya di dalam negeri saja.
  • Kesehatan: banyak fasilitas atau alat kesehatan yang ditemukan akibat era globalisasi ini. Hal ini menyebabkan adanya kesempatan lebih besar untuk menyembuhkan penyakit yang tadinya tidak bisa disembuhkan.