Sebutkan negara negara anggota ASEAN saat ini

Sebutkan negara negara anggota ASEAN saat ini

Jawaban:

ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) adalah sebuah organisasi internasional yang beranggotakan negara-negara di kawasan Asia Tenggara. ASEAN dibentuk karena adanya persamaan letak geografis dan kemiripan budaya. Dasar pertimbangan mendirian ASEAN adalah kepentingan yang sama dalam memajukan pertumbuhan ekonomi, sosial budaya, serta menjaga keamanan kawasan. Pada 1967 ASEAN berdiri atas dasar Deklarasi Bangkok.

Pembahasan

Ada sepuluh negara di Asia Tenggara yang bergabung dengan ASEAN saat ini. Negara-negara anggota ASEAN tersebut adalah

  1. Indonesia.
  2. Malaysia.
  3. Thailand.
  4. Singapura.
  5. Filipina.
  6. Brunei Darussalam.
  7. Vietnam.
  8. Laos.
  9. Myanmar.
  10. Kamboja.

Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, dan Filipina merupakan lima negara pendiri ASEAN, yang bergabung pada 8 Agustus 1967 yang kemudian mendeklarasikan keanggotaannya melalui Deklarasi Bangkok. Brunei Darussalam, bergabung pada tanggal 7 Januari 1984. Vietnam, bergabung pada tanggal 28 Juli 1995. Laos dan Myanmar, bergabung pada tanggal 23 Juli 1997. Kamboja, bergabung pada tanggal 30 April 1999.

Para utusan dari kelima negara pendiri ASEAN adalah Adam Malik (Indonesia), Tun Abdul Razak (Malaysia), Thanat Khoman (Thailand), S. Rajaratnam (Singapura), dan Narciso Ramos (Filipina).