Sebutkan nama nama wali songo

Sebutkan nama nama wali songo

Jawaban:

Wali Songo atau sembilan wali ini berperan penting dalam penyebaran agama Islam di Indonesia, perjuangan Wali Songo dalam menyebarkan agama Islam melalui proses lama berupa dakwah, pembangunan masjid serta pesantren. Berikut nama-nama Wali Songo:

  1. Sunan Gresik. Sunan Gresik memiliki nama asli Maulana Malik Ibrahim, Sunan Gresik dianggap orang pertama yang menyebarkan agama Islam di Jawa dengan perjuangan yang hebat.
  2. Sunan Ampel. Sunan Ampel memiliki nama asli Raden Rahmat, Raden Rahmat adalah anak dari Sunan Gresik, Raden Rahmat melanjutkan dakwah ayahnya dan dianggap sebagai sesepuh Wali Songo.
  3. Sunan Giri. Sunan Giri bernama asli Muhammad Ainul Yakin, Sunan Giri berperan penting dalam penyebaran agama Islam di Nusantara melalui dakwah dari memanfaatkan kekuasaanya, perniagaan hingga pendidikan.
  4. Sunan Kudus. Sunan Kudus bernama asli Ja’far Shadiq, beliau berdakwah di Kudus, Jawa Tengah. Sunan Kudus melalui pendekatan dakwah dan mendekati masyarakat dengan mengetahui kebutuhan mereka.
  5. Sunan Gunung Jati. Sunan Gunung Jati bernama asli Syarif Hidayahtullah, Sunan Gunung Jati juga menyebarkan agama Islam di daerah Jawa namun Sunan Gunung Jati memiliki kisah unik, beliau adalah pangeran raja Mesir.
  6. Sunan Kalijaga. Sunan Kalijaga bernama asli Raden Said, Sunan Kalijaga dakwah melalui seni budaya dimasuki nilai Islam, beliau dakwah di daerah Tuban dan didaerah lainnya.
  7. Sunan Muria. Sunan Muria bernama asli Raden Umar Said, beliau adalah putra Sunan Kalijaga yang berdakwah melalui melestarikan budaya dengan dimasuki nilai-nilai Islam.
  8. Sunan Bonang. Sunan Bonang bernama asli Raden Maulana Makdum, beliau berdakwah di daerah Rembang Desa Bonang dan juga di daerah-daerah lainnya.
  9. Sunan Drajat. Sunan Drajat bernama asli Raden Qasim, Sunan Drajat berdakwah di daerah Paciran, Lamongan melalui cara menjunjung kesejahteraan umat dan peduli ke kaum miskin.

 

Pembahasan

Wali Songo adalah sembilan wali yang berperan penting dalam penyebaran agama Islam di Nusantara, Wali Songo melalui berbagai cara dakwah dari setiap wali untuk menarik masyarakat Indonesia untuk masuk Islam. Ada yang melalui seni budaya dimasuki nilai-nilai Islam, pendirian tempat agama Islam, dakwah hingga memenuhi kebutuhan-kebutuhan masyarakat Indonesia sehingga tertarik untuk masuk agama Islam.