Sebutkan macam macam gaya renang?jelaskan gerakkannya

Sebutkan macam macam gaya renang?jelaskan gerakkannya

Jawaban: 

Macam Macam Gaya Renang  adalah

  • Gaya bebas, yaitu suatu gaya renang yang memiliki dada berada dibawah. Gerakan tangan tersebut seperti mendayung yaitu maju ke depan. Pernafasan gaya bebas tidak terlalu lama
  • Gaya dada, yaitu suatu gaya renang yang memiliki keadaan tubuh stabil dan tidak terlalu berubah ubah. Gerakan gaya dada yaitu menggunakan kedua kaki menendang menuju arah luar, sehingga yang dihasilkan akan maju. Selain itu, gerakan tangan harus lurus dan tidak berubah ubah.
  • Gaya punggung, yaitu suatu gaya renang yang memiliki keadaan tubuh terbalik, sehingga ounggung berada dibawah dan dada berada diatas. Gerakan gaya punggung yaitu menggerakkan kedua tangannya berada dipinggang dan mengayunkan tangan tersebut.
  • Gaya kupu kupu, yaitu suatu gaya renang yang memiliki keadaan dada terletak pada di air. Gerakan dari gaya kupu kupu yaitu dengan cara kedua tangan digerakkan menuju luar dan diayunkanmenuju depan. Gerakan kaki juga menendang supaya membantu pergerakkan tubuh

Pembahasan

Renang merupakan suatu cabang olahraga yang berada di air. Renang diadakan di London, Inggris pada abad ke 19. Pada saat itu, London masih memiliki kolam renang dengan jumlah 6. Hal ini masih memiliki jumlah sedikit untuk melakukan olahraga ini. Pada tahun 1896, renang dimasukkan dalam olympiade yang berad Yunani. Renang juga sudah masuk dalam negara Indonesia pada tahun 1917 dan tahun tersebut dibentuk suatu beberapa organisasi yang berkaitan dengan renang.

 

Renang tidak menggunakan alat bantu sama sekali. Jadi renang hanya mengandalkan kaki dan tangan untuk menggerakkannya. Selain itu, renang juga dapat menahan nafas pada saat didalam air. Hal ini bertujuan agar kita tidak mengambil air melalui hidung. Tujuan utama dari renang yaitu memperkuat otot tangan, kaki, dan perut. Renang juga disebut dengan nama aktivitas air.

 

Macam Macam Gaya Renang

  • Gaya bebas, yaitu suatu gaya renang yang memiliki dada berada dibawah. Gaya bebas disebut dengan nama front crawl. Gerakan gaya bebas yaitu dengan menggerakkan tangan dengan bergantian. Gerakan tangan tersebut seperti mendayung yaitu maju ke depan. Pernafasan gaya bebas tidak terlalu lama
  • Gaya dada, yaitu suatu gaya renang yang memiliki keadaan tubuh stabil dan tidak terlalu berubah ubah. Gaya dada ini memiliki kepala diatas permukaan air. Gerakan gaya dada yaitu menggunakan kedua kaki menendang menuju arah luar, sehingga yang dihasilkan akan maju. Selain itu, gerakan tangan harus lurus dan tidak berubah ubah.
  • Gaya punggung, yaitu suatu gaya renang yang memiliki keadaan tubuh terbalik, sehingga ounggung berada dibawah dan dada berada diatas. Gaya punggung ini mempermudah perenang untuk menghirup udara. Gerakan gaya punggung yaitu menggerakkan kedua tangannya berada dipinggang dan mengayunkan tangan tersebut.
  • Gaya kupu kupu, yaitu suatu gaya renang yang memiliki keadaan dada terletak pada di air. Gerakan daro gaya kupu kupu yaitu dengan cara kedua tangan digerakkan menuju luar dan diayunkanmenuju depan. Gerakan kaki juga menendang supaya membantu pergerakkan tubuh

 

Manfaat Renang

  • Melatih otot tangan, perut, dan kaki
  • Melatih pernafasan
  • Memiliki badan yang bagus
  • Menambah tinggi badan
  • Memperbaiki kesehatan jantung