Sebutkan jenis suara wanita dan pria dan jelaskan!

Sebutkan jenis suara wanita dan pria dan jelaskan!

Jawaban:

Jenis suara pria dan wanita berbeda. Pada pria terdapat 3 jenis suara yang adalah bass, tenor dan bariton. Sementara pada wanita, jenis suaranya antara lain adalah alto, sopran dan mezzo-sopran. Adapun penjelasannya masing-masing pada bagian berikut.

Pembahasan

Jenis suara pada pria:

  1. TENOR, adalah suara tinggi yang dimiliki pria. Umumnya tenor ini letaknya berada di antara nada C3 hingga A4 pada paduan suara sementara pada penyanyi solo, nadanya bisa sampai C5.
  2. BARITON merupakan jenis suara pada pria dewasa yang umum ditemukan. Kata baritone sendiri mengakar pada bahasa yunani kuno yang artinya adalah suara dalam.
  3. BASS, merupakan suara paling rendah yang dimiliki pria. Umumnya jangkauan nada dari suara basaa ini adalah dari E2 hingga E4.

Jenis suara pada wanita:

  1. SOPRAN, adalah jenis suara tertinggi pada wanita. Sopran ini adalah istilah yang mengakar pada bahasa Italia (Sopra) yang maknanya adalah melampaui.
  2. MEZZO-SOPRAN, adalah jenis suara wanita yang lebih tinggi dari Alto tetapi lebih rendah pula dari jenis Sopran. Umumnya jenis suara ini berada antara nada A3 dan A5.
  3. ALTO, disebut juga KONTRALTO, adalah jenis suara terendah pada wanita.