Sebutkan ciri-ciri burung !

Sebutkan ciri-ciri burung !

Jawaban:

Semua jenis dari hewan burung termasuk dalam spesies aves.

Ciri-ciri Burung (Aves) :

1.  Bulu
Bulu yang terdapat pada burung terbuat dari zat keratin. Zat keratin adalah zat yang biasa kita temukan di zat pembentuk rambut dan kuku pada jenis species lain. Fungsi bulu pada burung adalah untuk menutupi tubuh dari panas dan dingin. Burung juga menggunakan bulunya untuk membantu dirinya terbang.

2.  Paruh
Paruh digunakan untuk mendapatkan makanan yang ia makan.
Paruh burung terbuat juga dari zat keratin yang kuat sehingga paruh burung tidak memerlukan gigi untuk makan.

3.  Sayap
     Sayap dilindungi oleh bulu, bulu tersebut berfungsi sebagai alat bantu burung untuk terbang.

4.  Telur
     Telur pada burung terbuat dari cangkang yang memiliki zat kapur sehingga telur tersebut aman dari serangan hewan lain.

5.  Mata
Memiliki mata yang berkembang baik dengan kelopak mata, membrana niktitans, dan kelenjar air mata. Umumnya mata aves terdapat dibagian sisi kepala. Mata burung hantu terletak berdampingan.

6. Tungkai Berpasangan (sepasang kaki)
    Tungkai berpasangan digunakan untuk berjalan, bertengger, berenang, mencakar-cakar rumah, memegang makanan, atau untuk menangkap dan mencengkeram mangsa.
Jumlah jari kaki 2,3, dan 4. Kulit kaki bagian bawah dan jari-jarinya tersusun dari zat tanduk yang keras.

7. Tulang
    Kebanyakan tulang yang dimiliki burung tidak sekuat hewan lainnya. Itu karena sebagian besar waktu burung adalah di udara sehingga burung tidak perlu memiliki tulang yang kuat. Tulang burung termasuk kecil dan ringkih.

8. Kelenjar Minyak Pada Ekor
    Kelenjar minyak pada burung berfungsi sebagai melindungi bulu burung dari air. Kelenjar minyak yang menghasilkan minyak disebut sebum. Selain melindungi bulu burung dari air, kelenjar minyak pada ekor juga bisa untuk bersolek sehingga menarik perhatian sang betina.

9. Endotermik
   Endotermik adalah suatu kejadian dimana burung bereaksi menyerap energi dari lingkungan ketika reaksi burung itu terjadi. Biasanya yang dihasilkan dari endotermik adalah suhu dingin.

10. Kemampuan Navigasi
Navigasi berguna untuk menentukan arah.

11. Daun Telinga
      Burung merupakan salah satu spesies yang tidak memiliki telinga luar untuk mendengar, dikarenakan daun telinga dari burung tidak berkembang dengan baik. Burung mendengar melalui frekuensi suara yang ditangkap oleh kepala.

12.  Bernapas dengan paru-paru
Paru-paru yang berhubungan dengan pundi-pundi udara sebagai alat pernapasan tambahan. Pundi-pundi udara berupa kantong selaput yang ringan, yaitu sepasang di leher, sebuah di antara tulang selangka yang bercabang-cabang membentuk kantong udara pada lengan atas, sepasang di dada depan, sepasang di dada belakang, dan sepasang di perut. Cadangan udara di dalam pundi-pundi udara berguna untuk pernapasan pada saat terbang.

13.  Memiliki peredaran darah ganda
Artinya dalam satu kali peredaran darah ke seluruh tubuh, darah melewati jantung dua kali.

14. Sistem Saraf
Burung memiliki sistem saraf yang baik, sistem saraf pada burung memiliki 12 pasang saraf kranial dan memiliki otak kecil yang besar. Peredaran darah dari burung pun ditunjang dengan empat bilik jantung yang ia miliki. Dengan keistimewaan itu, kesehatan dari burung bisa terjaga dari suhu yang ekstrim.