Sebutkan 5 binatang yang berawal dari huruf J

Sebutkan 5 binatang yang berawal dari huruf J

Jawaban: 

5 binatang yang berawal dari huruf J adalah:

  1. Jerapah
  2. Jalak
  3. Jangkrik
  4. Jaguar
  5. Jerboa

Pembahasan:

1. Jerapah

Jerapah (Giraffa camelopardalis) adalah Mammalia dari order Artiodactyla (hewan memamah biak berkuku belah) dalam famili Giraffidae.

Jerapah adalah salah satu mamalia tertinggi di dunia. Jerapah terkenal dengan leher panjang, kaki panjang, dan corak totol pada kulitnya yang khas. Leher jerapah yang panjang ini berfungsi untuk mengambil dedaunan dari pepohonan yang tinggi. Jerapah adalah herbivora yang memakan hanya tumbuhan saja.

2. Jalak

Jalak adalah kelompok burung pengicau, yang berukuran kecil dan memiliki ciri khas suaranya yang merdu. Conoh spesiesnya adalah Jalak Bali (Leucopsar rothschildi). Burung jalak kebanyakan memakan biji-bijian atau serangga kecil.

3. Jangkrik

Jangkrik adalah serangga yang memiliki ciri khas berupa suranya yang keras. Jangkrik berasal dari famili Gryllidae, sub-ordo Caelifera, dan ordo Orthoptera.

Hewan serangga dari ordo Orthoptera ini memiliki ciri berupa metamorfosis yang tidak sempurna. Sehingga, jangkrik tidak memiliki fase ralfa (ulat) dan pupa (kepompong). Namun telur akan menetas menjadi hewan muda (nimfa) yang mirip dengan hewan dewasa (imago).

4. Jaguar

Jaguar (Panthera onca) adalah kelompok hewan karnivora sejenis harimau yang berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Jaguar memiliki bulu berpola tutul seperti macan tutul. Namun beberapa populasi jaguar memiliki bulu melanistik (berwarna hitam penuh) yang disebut dengan panther.

5. Jerboa

Jerboa adalah hewan pengerat (Rodentia) kecil mirip tikus yang hidup di padang pasir. Jerboa memiliki ciri khas yaitu kakinya yang panjang yang digunakan untuk melompat agar tidak sering bersentuhan dengan pasir gurun yang panas. Jerboa berukuran kecil, hanya sekitar 4-5 cm, namun dapat melompat hingga 3 meter.

Jerboa dapat ditemui di wilayah gurun Sahara seperti di negara Mesir dan sekitarnya.