Sebutkan 15 peraturan-peraturan permainan sepak bola

Sebutkan 15 peraturan-peraturan permainan sepak bola

Jawaban: 

Ada banyak peraturan permainan sepak bola, berikut 15 di antaranya:

►Berdasarkan ketentuan FIFA, lapangan resmi sepakbola memiliki panjang 90-120 meter (100-130 yard) dan lebar 4 -90 meter (50-100 yard).

► Bola yang digunakan memiliki ukuran resmi yakni keliling bola tak diperbolehkan melebihi 70 cm dan tidak pula boleh kurang dari 68 cm kecuali bola yang digunakan oleh pemain di bawah 12 tahun, biasanya ukurannya 64-68 cm.

► Sepakbola dimainkan oleh dua tim dengan pemain masing masing tim berjumlah 11.

► Dalam permainan sepak bola, aksesoris semacam anting, gelang dan kalung tak boleh dipergunakan.

► Sebuah pertandingan sepak bola wajib dipimpin oleh wasit yang bertugas sebagai pengadil di lapangan.

► Pertandingan sepak bola wajib pula disertai dengan 2 asisten wasit atau linesman.

► Permainan sepakbola dilaksanakan sebanyak 2 babakan. Setiap babak memakan waktu 45 menit. Adapun jeda di antara kedua babak tersebut tak bisa melebihi waktu 15 menit.

► Kick off dapat dilakukan saat memulai pertandingan, memulai babak kedua, memulai babak perpanjangan waktu serta terjadinya gol.

► Bola Keluar atau out adalah kondisi dimana bola melewati garis lapangan. Bola out juga bisa terjadi karena wasit menghentikan pertandingan dengan alasan tertentu seperti misalnya ada pemain yang cedera.

► Gol merupakan kondisi dimana bola masuk ke jaring gawang yang bukan karena sebab-sebab offside, pelanggaran, dan juga hands ball.

► Pelanggaran akan diganjar dua kartu yakni merah dan kuning. Merah berarti pemain harus meninggalkan permainan sementara kartu kuning berarti sebuah peringatan keras.

► Tendangan bebas bisa dilaksanakan pada wilayah tempat terjadinya pelanggaran.

► Pinalti disebabkan adanya pelanggaran yang dilakukan di dalam area kotak terlarang, entah karena hands ball atau menjatuhkan pihak lawan.

► Throw in atau lemparan ke dalam terjadi jika bola meninggalkan lapangan dan dilakukan oleh tim lawan.

► Tendangan sudut adalah tendangan yang dilakukan oleh pemain di wilayah sudut lapangan karena bola menggelinding keluar lapangan melewati garis gawang. Bola sudut ini dilakukan bisa pada sudut kanan dan kiri, tergntung pada arah mana bola tersebut tadi keluar.