Sebut dan jelaskan 3 teknik penerapan ragam hias pada bahan tekstil​

Sebut dan jelaskan 3 teknik penerapan ragam hias pada bahan tekstil​!

Jawaban:

Berikut ini beberapa teknik penerapan ragam hias pada bahan tekstil​, yang mana di antaranya ialah:

  1. Membatik, yang mana membatik sendiri ialah suatu teknik menahan warna dengan lilin malam secara berulang- ulang di atas kain, Akan tetapi seiring perkembangan zaman batik di buat dengan menggunakan teknik celup, cap, sablon, dan printing.
  2. Menenun, yang mana menenun ini sendiri ialah suatu teknik pembuatan kain dengan cara memasukkan secara berselang- seling kelompok benang yang membujur atau lungusi ke dalam kelompok benang yang melintang atau pakan.
  3. Menyulam, yang mana menyulam ini sendiri ialah suatu teknik pembuatan hiasan kain dengan media benang dan jarum jahit di mana dia menggunakan keterampilan tangan secara manual.
  4. Membordir, yang mana membordir ini sendiri ialah suatu teknik pembuatan hiasan kain dengan media benang dan jarum jahit menggunakan bantuan mesin
  5. Melukis, yang mana melukis sendiri ialah suatu teknik pembuatan hiasan pada kain menggunakan alat bahan kuas dan cat

 

Pembahasan

Ragam hias sendiri dapat kita maknai sebagai suatu bentuk dasar hiasan yang biasanya disusun secara berulang- ulang sesuai dengan pola tertentu, yang mana dia diterapkan pada karya seni atau kerajinan dengan tujuan untuk memperindah atau menghias.

Berikut ini beberapa jenis bahan tekstil yang dihasilkan dari bahan alam sebagai bahan utama produk tekstil, yang mana di antaranya ialah:

  • Kapuk, yang mana kapuk ini sendiri memiliki sifat tekstur halus, tahan terhadap kelembaban, cepat kering bila basah, serat pendek dan lain sebagainya.
  • Katun atau Kapas, yang mana katun atau kapas sendiri memiliki sifat kekuatan cukup baik, elastisitas sangat rendah, dapat mengalirkan panas dengan baik, kurang kuat dan rentan terhadap kerutan dan lain sebagainya.
  • Sutra, yang mana sutra ini sendiri memiliki sifat tekstur halus dan lembut, berkilau, licin, serta lentur, jika dibiarkan kotor maka dia dapat dirusak oleh serangga dan lain sebagainya.
  • Wol, yang mana wol ini sendiri memiliki sifat mudah menyerap kelembaban, tidak mudah kusut, dapat menahan panas, sangat lentur dan lain sebagainya.