Sampah plastik dapat menyebabkan terjadinya pencemaran tanah karena​

Sampah plastik dapat menyebabkan terjadinya pencemaran tanah karena​

Jawaban: 

Sampah plastik menjadi salah satu limbah yang bisa menyebabkan pencemaran tanah karena sampah plastik sangat sulit untuk bisa terurai secara alami dan membutuhkan waktu yang luar biasa lama untuk bisa terurai secara alami. Selain itu, sampah plastik mengandung racun yang bisa membahayakan kesuburan tanah dan juga makhluk hidup lain yang berada di dalam tanah.

 

Pembahasan

Interaksi manusia dengan lingkungan alam adalah salah satu jenis interaksi yang paling sering dilakukan oleh manusia. Tujuan utama dari adanya interaksi manusia dengan lingkungan alam ini adalah untuk menggunakan dan memanfaatkan sumber daya alam yang ada di lingkungan alam. Namun, ada beberapa tindaka manusia ketika melakukan interaksi dengan lingkungan alam yang bisa membawa dampak negatif bagi lingkungan alam.

Berikut adalah beberapa kegiatan manusia yang bisa merusak lingkungan alam:

  • Membuang sampah sembarangan: tindakan ini bisa menyebabkan menurunnya kesuburan tanah, meningkatkan resiko terjadinya banjir karena penyumbatan, dan juga merusak ekosistem laut apabila sampah dibuang ke sungai. Sampah yang dibuang sembarangan ini, terutama sampah plastik bisa menutupi sinar matahari yang dibutuhkan oleh makhluk hidup dan lama kelamaan akan merusak ekosistem karena racun yang terkandung di dalamnya.
  • Menggunakan bom ikan: alat peledak yang digunakan oleh manusia untuk menangkap ikan ini bisa membunuh hewan-hewan laut yang masih kecil sehingga mengurangi populasi dari hewan laut secara drastis. Selain itu, penggunaan bom ikan juga bisa merusak terumbu karang yang menjadi rumah bagi hewan-hewan laut.
  • Menggunakan pukat harimau: jaring yang digunakan oleh manusia untuk menangkap ikan sebanyak-banyaknya ini memiliki pengaruh yang lebih buruk dibandingkan bom ikan. Proses penarikan pukat harimau ketika terisi ini akan menghancurkan seluruh terumbu karang yang berada di dasar laut. Selain itu, kotoran yang berada di dasar laut juga akan terangkat dan membunuh hewan-hewan laut.