Rendang adalah makanan khas dari daerah mana?

Rendang adalah makanan khas dari daerah mana?

Jawaban: 

Jawaban:
Rendang adalah masakan tradisional yang berasal dari daerah Padang, Sumatera Barat.

Pembahasan

Rendang adalah makanan tradisional yang berasal dari Sumatera Barat. Bahan utama rendang adalah daging sapi (terutama tenderloin, yakni bagian potongan daging sapi yang terletak pada pinggang dekat ginjal sapi) dengan santan kelapa kental serta campuran rempah-rempah. Jika ingin memasak rendang secara lengkap, setidaknya terdapat 14 bahan rempah yang khas dalam membuat rendang, yakni cabai merah, bawang merah, bawang putih, cabai rawit, merica, kemiri, buah pala, garam, jahe, laos, jeruk purut, daun salam, kunyit, dan batang serai.

Rendang berasal dari kata “merandang”, yaitu proses memasak santan hingga kering secara perlahan. Rasa rendang dipengaruhi oleh daging sapi pilhan, campuran rempah-rempah, panas yang harus terjaga, lama memasak, dan cara pengadukan. Jadi memang butuh waktu yang lama dalam memasak rendang hingga kuahnya kering. Sejarawan dari Universitas Andalas di Padang, Gusti Anan, memperkirakan bahwa rendang sudah mulai muncul sejak abad ke-16. Sampai saat ini rendang diyakini berasal dari India karena kesamaannya dengan kari India.

Secara tradisional, rendang disajikan untuk menghadapi acara-acara adat khusus dan untuk orang-orang istimewa. Dulu, orang Minangkabau menyiapkan rendang sedemikian rupa sehingga memiliki umur simpan yang panjang untuk dibawa dalam perjalanan jauh, misalnya saat pergi naik kapal laut menunaikan ibadah haji ke Mekah atau perjalanan merantau ke negeri seberang. Daya tahan rendang didukung pula oleh rempah-rempah yang digunakan selama proses memasak.

Saat ini, rendang sudah dikenal di seluruh dunia seperti yang diumumkan pada hasil survey yang diadakan kantor berita CNN tahun 2011 tentang 50 makanan terlezat dunia. Survey makanan favorit terhadap 3.500 orang yang memberikan suara menjadikan rendang sebagai makanan terenak di dunia.

Terakhir, nilai-nilai filosofi mendalam yang terkandung dalam proses memasak rendang adalah kesabaran, kebijaksanaan, dan ketulusan.