Prinsip Kerajinan Bahan Keras Terdiri Dari 3 Bagian Jelaskan!

Prinsip Kerajinan Bahan Keras Terdiri Dari 3 Bagian
Jelaskan!

Jawaban:

Prinsip kerajinan bahan keras, yaitu:

  1. Reduce, yaitu prinsip kerajinan bahan keras untuk mengurangi atau memaksimalkan barang-barang yang kita miliki agar tidak menjadi limbah bahan keras yang tidak berguna.
  2. Reuse, yaitu prinsip kerajinan bahan keras untuk menggunakan kembali barang-barang yang masih layak pakai tanpa harus membuang barang tersebut sehingga tidak menjadi limbah.
  3. Recycle, yaitu prindip kerajinan bahan keras untuk mendaur ulang barang-barang yang sudah tidak digunakan menjadi barang yang bermanfaat lagi.

 

Pembahasan

Kerajinan bahan keras adalah kerajinan yang dibuat dari limbah-limbah yang memiliki tekstur yang kuat, kaku, dan tidak mudah diubah bentuknya. Limbah keras adalah limbah yang sulit untuk diuraikan, sehingga jika tidak dimanfaatkan menjadi kerajinan maka akan menjadi limbah yang mencemari lingkungan.

Limbah bahan keras dibedakan menjadi limbah keras organik dan limbah keras anorganik. Limbah keras organik contohnya adalah potongan kayu, temurung kelapa, sisik ikan, tulang ikan, cangkang kerang. Sedangkan contoh limbah keras anorganik adalah botol bekas, pecahan kaca, potongan keramik, logam, dan lainnya.

Membuat kerajinan limbah bahan keras dibuat berdasarkan prinsip-prinsipnya, yaitu reduce, reuse, dan recycle. Contoh penerapan prinsip reduce yaitu menggunakan botol minyak wangi untuk isi ulang minyak wangi. Contoh penerapan prinsip reuse yaitu menggunakan botol minuman kemasan sebagai tempat deterjen. Contoh penerapan prinsip recycle yaitu plastik rinso digunakan untuk membuat tas.