Perhatikan Pernyataan Berikut !!!

Perhatikan Pernyataan Berikut !!!

Jawaban: 

Berdasarkan tabel, jenis pekerjaan yang dapat dijumpai di daerah pedesaan adalah (B) 2 dan 4. Pekerjaan nomor (1), (3), dan (5) adalah pekerjaan yang bisa ditemukan di daerah manapun dan tidak hanya dapat dijumpai di daerah pedesaan. Pekerjaan nomor (6) adalah pekerjaan yang dapat ditemukan di daerah pantai.

 

Pembahasan

Lokasi pedesaan adalah sebuah lokasi yang sangat cocok untuk memiliki usaha yang berkaitan di bidang agraris atau hasil tani. Suburnya lingkungan ini juga berarti adanya kemudahan mencari pakan untuk hewan ternak, maka dari itu hasil ternak juga banyak menjadi komoditas yang menarik bagi masyarakat yang tinggal di daerah pedesaan. Secara umum, berikut adalah pekerjaan yang umum ditemukan di daerah pedesaan:

  • Petani: pekerjaan yang paling umum kita temukan di daerah pedesaan karena hasil tani adalah komoditas utama dari daerah pedesaan yang subur. BIasanya, hasil tani di daerah pedesaan berupa padi. jagung, kacang, atau umbi-umbian. Biasanya, petani padi berada di pegunungan karena membutuhkan banyak air.
  • Berkebun: berbeda dengan hasil dari sawah, perkembunan biasanya hasilnya berupa daun, buah, atau rempah-rempah. Untuk yang berada di daerah pegunungan biasanya hasil kebun yang umum ditemukan adalah teh, alpukat, kopi, pala, cengkeh dan buah kakao.
  • Beternak: mudahnya rumput menjadi kesempatan bagi para peternak untuk menyediakan pakan bagi hewan ternak. Lingkungan yang tidak terlalu padat juga membuat pekerjaan beternak menjadi memungkinkan. Biasanya hasil ternak yang umum ditemukan di daerah pedesaan adalah ayam, sapi, kambing, kelinci, bebek, dan kerbau.
  • Budidaya ikan: banyak juga masyarakat desa yang membudidayakan ikan seperti lele menggunakan tambak. Hal ini dikarenakan lingkungan desa yang tidak padat dan jumlah air yang melimpah.
  • Industri mebel: penggunaan kayu sebagai furnitur juga sering ditemukan di daerah pedesaan namun pekerjaan ini bukan pekerjaan yang umum karena membutuhkan modal cukup besar dan keahlian khusus.