Olahraga pencak silat berasal dari negara?

Olahraga pencak silat berasal dari negara?

Jawaban: 

Olahraga pencak silat berasal dari negara Indonesia.

 

Pembahasan

Pencak silat merupakan olahraga bela diri yang berasal dari Indonesia. Pencak silat yang berasal dari Indonesia awalnya diciptakan sebagai cara pembelaan diri untuk melindungi dan mempertahankan kehidupan pribadi seseorang atau kelompok dari segala bentuk ancaman. Gerakan silat diciptakan dengan meniru gerakan binatang yang ada di alam seperti kera, ular, harimau, burung elang. Keahlian dalam bela diri ini awalnya berasal dari keterampilan suku-suku aslu Indonesia dalam kegiatan berperang dan berburu dengan menggunakan senjata-senjata tradisional seperti parang, tombak, perisai, keris, dan sebagainya.

 

Istilah silat merupakan istilah yang berasal dari pencak silat yang merupakan kesenian bela diri yang berasal dari Indonesia. Kata “pencak” digunakan oleh masyarakat Jawa, sedangkan “silat” digunakan oleh masyarakat lain di Indonesia seperti Sumatera, Semenanjung Malaya dan Kalimantan. Istilah “pencak” kemudian berkembang sebagai istilah yang lebih mengandalkan unsur seni dan keindahan gerakan sedangkan “silat” lebih mengandalkan ajaran untuk bela diri dalam pertarungan.

 

Pencak silat yang berasal dari Indonesia ini telah dikenal tidak hanya di Indonesia melainkan juga di Malaysia, Brunei, Singapura, Filipina dan Thailand serta juga digemari oleh beberapa negara di luar kawasan Asia seperti Australia, Jerman, Belanda, dan Amerika. Dan hingga kini, olahraga pencak silat yang berasal dari Indonesia ini juga merupakan cabang olahraga yang dipertandingkan di tingkat nasional dalam Pekan Olahraga Nasional yang diadakan setiap 4 tahun sekali dan dipertandingkan secara internasional dalam SEA Games sejak tahun 1987.