Objek pengamatan IPA adalah​

Objek pengamatan IPA adalah​

Jawaban: 

Objek pengamatan dalam IPA adalah seluruh objek alam semesta beserta interaksi yang dilakukannya.

 

Pendahuluan :

IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) yaitu suatu ilmu yang menyebabkan kita menjadi tahu tentang alam yang berada di sekitar kita. Manusia adalah bagian dari alam itu sendiri yang selalu berusaha mempelajari alam untuk dapat tahu sekaligus mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) mencakup : Biologi, Fisika, Kimia, dan Astronomi. Namun, untuk astronomi masih berkaitan dengan fisika itu sendiri.

Pembahasan :

Karena IPA adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang alam, maka objek pengamatannya adalah objek alam semesta beserta interaksi yang dilakukannya. IPA tidak dapat berdiri sendiri, namun terdapat empat kerangka yang menunjang dan fungsinya sebagai berikut :

  1. Biologimempelajari unsur-unsur kehidupan di alam semesta, pengelompokan makhluk hidup dimulai dari tingkat biosfer (lapisan kehidupan), hingga ke unit struktural terkecil yakni sel.
  2. Fisikamempelajari unsur-unsur terspesifikasi di dalam alam semesta, seperti cahaya, bunyi, gerak, panas, listrik, dan kemagnetan.
  3. Kimiamempelajari alam semesta melalui zat-zat penyusunnya. Tidak mengherankan pada kimia akan menemukan istilah-istilah yang berhubungan dengan atom, molekul, unsur, larutan, dan campuran.
  4. Astronomimempelajari alam semesta melalui benda-benda langit (termasuk Bumi) dan interaksinya terhadap perkembangan waktu.