Menurut hadis riwayat Bukhari, orang yang terbaik di antara kita adalah……

Menurut hadis riwayat Bukhari, orang yang terbaik di antara kita adalah…..
a. Orang yang tidak punya janji
b. Orang yang selalu ingat janj-
Inya
c. Orang yang cepat menunaikan
Janji
d. Orang yang paling baik
Menunaikan janji

Jawaban:

Menurut hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari bahwa orang yang terbaik di antara kita adalah MEREKA YANG MENUNAIKAN JANJI (D). Menunaikan janji artinya adalah melaksanakan apa-apa yang sudah disanggupi atau disetujui sebelumnya dengan itikad baik.

» Pembahasan

Hadis dari Imam Bukhari yang juga diriwayatkan oleh Imam Muslim mengenai janji adalah sebagai berikut:

مَنْ أَخْفَرَ مُسْلِمًا ، فَعَلَيْهِ لَعْنَةُ اللَّهِ وَالْمَلائِكَةِ وَالنَّاسِ أَجْمَعِينَ ، لاَ يُقْبَلُ مِنْهُ صَرْفٌ وَلا عَدْلٌ

“Barangsiapa yang tidak menepati janji seorang muslim, maka dia mendapat l@knat Allah, malaikat, dan seluruh manusia. Tidak diterima darinya taubat dan tebusan.”

Dari hadis tersebut di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa janji bukan perkara yang sepele sebab apabila kita lalai menunaikan janji maka l@knat dari Allah SWT menanti, juga l@knat dari malaikat pun manusia. Bahkan disebutkan pula bahwa ingkar pada janji ini menyebabkan taubat dan tebusan seseorang tidak diterima.

Selain hadis tersebut di atas, terdapat pula hadis lain masih dari Imam Bukhari (Nomor 3178) dan juga Imam Muslim (Nomor 58) yang menyatakan bahwa salah satu ciri mereka yang munafik adalah apabila berjanji maka ia ingkar.