Makna al karim,al mu’Min al wakil al matin al jaami al adl dan al akhir

Makna al karim,al mu’Min al wakil al matin al jaami al adl dan al akhir

Jawaban: 

Arti Asmaul Husna Al Karim adalah Maha Mulia. Makna Asmaul Husna Al Karim adalah bahwa Allah SWT merupakan zat yang Maha Mulia, Maha Dermawan, Maha Pemurah, Serta Zat yang memiliki banyak sekali kebaikan, dimana Dia akan memberikan kebaikan kepada umatnya baik diminta maupun tidak diminta.

  • Arti Asmaul Husna Al Karim adalah Maha Mulia
  • Arti Asmaul Husna Al Mukmin adalah Maha Pemberi Rasa Aman
  • Arti Asmaul Husna Al Wakil adalah Maha Memelihara atau Maha Mewakili.
  • Arti Asmaul Husna Al Matin adalah Maha Kokoh.
  • Arti Asmaul Husna Al Jami adalah Maha Mengumpulkan.
  • Arti Asmaul Husna Al Adl adalah Maha Adil.
  • Arti Asmaul Husna Al Akhir adalah Maha Akhir.

 

Pembahasan

  Asmaul Husna adalah nama-nama yang dimiliki Allah SWT. Nama-nama ini sangat indah dan baik maknanya. Asmaul Husna terdiri dari 99 jenis. Beberapa contoh jenis Asmaul Husna Allah SWT adalah Al Karim, Al Mu’min, Al Wakil, Al Matin, Al Jaami, Al Adl, dan Al Akhir. Makna-makna dari asmaul husna Al Karim, Al Mu’min, Al Wakil, Al Matin, Al Jaami, Al Adl, dan Al Akhir adalah sebagai berikut :

AL KARIM  

  Al Karim yang berarti Maha Mulia memiliki makna bahwa Allah SWT merupakan zat yang Maha Mulia, Maha Dermawan, Maha Pemurah, Serta Zat yang memiliki banyak sekali kebaikan, dimana Dia akan memberikan kebaikan kepada umatnya baik diminta maupun tidak diminta.

__________

AL MUKMIN

  Al Mukmin yang berarti Maha Pemberi Rasa Aman memiliki makna bahwa Allah merupakan zat yang senantiasa memberikan rasa aman kepada seluruh hambanya yang beriman.

__________

AL WAKIL

  Al Wakil yang berarti Maha Memelihara atau Maha Mewakili memiliki makna bahwa Allah SWT merupakan zat yang Maha Memelihara dan mengurusi segala kebutuhan makhluk-Nya, baik itu dalam urusan dunia maupun urusan akhirat.

__________

AL MATIN

  Al Matin yang berarti Maha Kokoh memiliki makna bahwa Allah SWT merupakan zat yang Maha memiliki kekuatan dan kekokohan. Dimana Allah SWT memiliki kehebatan perbuatan yang sangat kokoh dari kekuatan yang tidak ada taranya.

__________

AL JAMI

  Al Jami yang berarti Maha Mengumpulkan memiliki makna bahwa Allah SWT merupakan zat yang mampu menghimpun atau mengumpulkan segala sesuatu yang tersebar dari berbagai waktu, ruang, dan tempat. Salah satu contohnya bahwa Allah merupakan Maha mengumpulkan seluruh makhluk dari berbagai masa di padang mahsyar.

__________

AL ADL

  Al Adl yang berarti Maha Adil memiliki makna bahwa Allah SWT merupakan zat yang maha adil dalam memperlakukan hamba–hambanya, baik dari golongan malaikat, jin, maupun manusia. Baik itu adil dalam membagi rezeki, adil dalam membagi rahmat, maupun adil dalam memberikan pembalasan.

__________

AL AKHIR

  Al Akhir yang berarti Maha Akhir memiliki makna bahwa Allah SWT merupakan satu–satunya zat yang Maha kekal, dimana Dia merupakan zat yang tidak akan pernah mati walaupun seluruh makhluknya telah mati.