Latihan senam ritmik yang teratur akan meningkatkan?

Latihan senam ritmik yang teratur akan meningkatkan?
a. kelelahan tubuh
b. penyakit jantung
c. denyut nadi
d. efisiensi kerja jantung ​

Jawaban:

Manfaat dari melakukan senam irama secara teratur adalah (D) efisiensi kerja jantung.

 

Pembahasan

Pilihan (D) benar karena melakukan senam irama secara teratur bisa meningkatkan kekuatan otot paru-paru dan jantung pada diri seseorang.

Pilihan (A), (B), dan (C) salah karena tidak menunjukkan manfaat dari melakukan senam ritmik secara teratur.

 

Senam ritmik atau senam irama adalah salah satu olahraga cabang senam yang melibatkan berbagai macam gerakan dasar yang dilakukan dengan mengikuti irama yang dihasilkan oleh lagu iringan. Pada dasarnya, gerakan dalam senam irama ini cenderung lembut dan luwes sehingga sangat memerlukan kelenturan tubuh untuk menyelesaikan gerakan dalam senam irama. Gerakan dalam senam irama ini bisa menciptakan suatu keindahan apabila gerakan yang dilakukan bisa selaras dengan irama yang dihasilkan oleh lagu iringan. Selain itu, senam irama juga merupakan salah satu olahraga yang seringkali dilakukan secara berkelompok sehingga kekompakan gerakan yang dihasilkan bisa meningkatkan keindahannya.

 

Senam irama bisa memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita apabila dilakukan secara rutin dan teratur.

Berikut adalah beberapa manfaat dari senam irama:

  • Meningkatkan ketahanan tubuh: gerakan-gerakan dalam senam irama bisa meningkatkan kekuatan otot paru-paru dan jantung. Maka dari itu, apabila kita rutin dan teratur melakukan senam irama, kita bisa meningkatkan stamina tubuh kita dan menjadi tidak mudah lelah.
  • Memperkuat otot dan tulang: gerakan dalam senam irama banyak melibatkan gerakan tumpuan, terutama pada kaki. Maka dari itu, dengan melakukan senam irama secara rutin dan teratur kita akan meningkatkakn kekuatan otot dan tulang pada kaki kita.
  • Meningkatkan kelenturan tubuh: salah satu manfaat utama dalam senam irama. Kelenturan tubuh ini sangat terlatih ketika kita melakukan gerakan dalam senam irama, contohnya adalah gerakan ayunan lengan yang sangat melibatkan otot dan persendian pada bahu. Maka dari itu, melakukan senam irama secara teratur akan meningkatkan kekuatan persendian kita.
  • Membakar kalori: gerakan dalam senam irama juga bisa membakar kalori dan juga lemak berlebih dalam tubuh apabila dilakukan secara benar, teratur, dan rutin. Maka dari itu, senam irama bisa dilakukan bagi seseorang yang ingin menjaga berat badannya agar tetap ideal.