Komoditas impor Indonesia yang merupakan bahan baku penolong adalah

Komoditas impor Indonesia yang merupakan bahan baku penolong adalah

Jawaban:

Komoditas impor Indonesia yang merupakan bahan baku penolong adalah bahan kimia dan obat-obatan, pupuk, semen, bahan bangunan, dan alat-alat listrik

Pembahasan

Impor dapat diartikan sebagai kegiatan penjualan barang dari luar negri kedalam negeri dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan didalam negeri. Contoh kegiatan ini adalah kegiatan impor gandum dari luar negeri ke Indonesia dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan gandum di Indonesia. Tujuan dari kegiatan impor adalah sebagai berikut:

a. Memenuhi kebutuhan pokok yang tidak dapat dipenuhi oleh Negara

Pada saat ini bahan pokok juga mulai sulit dipenuhi oleh Negara contohnya seperti beras. Sehingga diperlukan melakukan kegiatan impor agar kebutuhan akan beras tersebut dapat terpenuhi.

b. Memperoleh barang dan jasa yang tidak bisa dihasilkan oleh Negara

Setiap negara pastinya memiliki barang yang tidak dapat diproduksi oleh negara sendiri. Karena itu, jika ingin memperoleh barang tersebut untuk memenuhi kebutuhan hidup kita harus melakukan kegiatan impor.

c. Menyeimbangkan ilmu pengetahuan dengan Negara lain

Di luar Negeri ilmu, pengetahuan lebih berkembang dibandingkan didalam negeri (khususnya antara negara maju dengan negara berkembang) sehingga untuk menyeimbangkan pengetahuan di perlukan kegiatan impor. Melalui kegiatan impor ini barang diperoleh akan dapat dipelajari untuk membantu perkembangan pengetahuan di dalam negeri.

d. Memperoleh teknologi yang lebih modern

Industri teknologi modern sangat sedikit ditemui dinegara berkembang sehingga kegiatan impor diperlukan untuk memperoleh teknologi tersebut.

Manfaat kegiatan impor antara lain :

Mengatasi kekurangan akan kebutuhan barang yang terjadi didalam negeri

Mendapatkan barang yang belum bias diproduksi di dalam Negeri

Dengan didaatkannya barang dari luarkita memiliki inovasi untuk meciptakan barang tersebut

Memperoleh pengetahuan melalui kegiatan impor

Memperoleh teknologi dari Negara lain

Meningkatkan produk barang yang ada di pasar domestik

Menjaga kerja sama antar Negara

Menekan monopoli terhadap suatu produk