Kelebihan dan kekurangan topologi bus,ring,star

Kelebihan dan kekurangan topologi bus,ring,star

Jawaban:

Kelebihan dan kekurangan topologi bus, ring dan star. Mari kita bahas mengenai ketiga topologi tersebut. Namun, sebelumnya kita bahas terlebih dahulu apa itu topologi,topologi adalah suatu jaringan yang berfungsi untuk memghubungkan perangkat komputer yang satu dengan yang lainnya. Masing-masing topologi memiliki kekurangan dan kelebihan. Berikut pembahasannya :

1. Topologi Bus topologi ini merupakan topologi yang sering digunakan. topologi bus memiliki layout yang sederhana. Jika digambarkan, komputer dalam topologi ini seperti berjejer dalam satu garis lurus. Kabel yang digunakan pada topologi ini biasanya masih menggunakan kabel coaxial. Namun sekarang penggunaan kabel coaxial sudah jarang bahkan tidak dipakai lagi untuk jaringan komputer. Kelebihan topologi ini adalah sederhana, hemat kabel dan apabila ada penambahan komputer mudah untuk dilakukan. Untuk kekurangan dari topologi bus adalah apabila kabel terputus maka jaringan tidak berfungsi karena hanya mengandalkan 1 kabel saja. Untuk penggunaan dalam skala besar, diperlukan repeater.

2. Topologi yang kedua adalah topologi ring. Topologi ini memiliki desain berbentuk lingkaran tidak seperti topologi bus yang memiliki desain garis lurus. Kelebihan dari topologi ring adalah mudah untuk dibuat, pendeteksian kerusakan mudah dilakukan, mudah untuk dilakukan penambahan dalam jaringan. Adapun kekurangan dari topologi ring adalah jika terdapat kerusakan pada satu komputer dapat mengakibatkan terganggunya jaringan,

3. Topologi star, topologi star adalah jaringan komputer yang dibuat menyerupai bintang dan terhubung oleh switch. Berbeda dengan topologi bus yang menyerupai garis lurus dan ring yang menyerupai lingkaran. Kelebihan dari topologi start adalah kerusakan pada satu perangkat tidak akan mempengaruhi perangkat lain, penambahan perangkat pada jaringan mudah dilakukan. Untuk kekurangan dari topologi star adalah boros dalam penggunaan kabel sehingga biaya jaringan lebih mahal.