Kejahatan internasional merupakan ancaman dibidang?

Kejahatan internasional merupakan ancaman dibidang?

Jawaban:

Kejahatan Internasional merupakan ancaman serius di bidang keamanan dan kemakmuran global

Pembahasan

 

Kejahatan Internasional adalah perbuatan yang secara internasional diakui sebagai kejahatan, dimana  hal itu dianggap sebagai masalah serius yang menjadi perhatian internasional. Beberapa contoh yang termasuk kategori kejahatan Internasional :

 

Terorisme

Terorisme adalah serangan-serangan terkoordinasi yang bertujuan membangkitkan perasaan teror terhadap sekelompok masyarakat. Berbeda dengan perang, aksi terorisme tidak tunduk pada tatacara peperangan seperti waktu pelaksanaan yang selalu tiba-tiba dan target korban jiwa yang acak. Istilah teroris oleh para ahli kontraterorisme dikatakan merujuk kepada para pelaku yang tidak tergabung dalam angkatan bersenjata yang dikenal atau tidak menuruti peraturan angkatan bersenjata tersebut. Aksi terorisme juga mengandung makna bahwa serang-serangan teroris yang dilakukan tidak berperikemanusiaan dan tidak memiliki justifikasi, dan oleh karena itu para pelakunya (“teroris”) layak mendapatkan pembalasan yang kejam.

Kejahatan Genosida

Adalah setiap perbuatan yang dilakukan dengan tujuan untuk menghancurkan seluruhnya atau sebagian suatu kelompok nasional, etnis, ras atau keagamaan, perbuatan tersebut diantaranya :

1.    Membunuh kelompok tersebut

2.    Menimbulkan luka atau mental yang serius terhadap para anggota kelompok tersebut

3.    Secara sengaja menimbulkan kondisi kehidupan atas kelompok tersebut yang diperhitungkan akan menyebabkan kehancuran fisik secara keseluruhan atau untuk sebagian

4.    Memaksakan tindakan-tindakan yang dimaksud untuk mencegah kelahiran dalam kelompok tersebut

5.    Memindahkan secara paksa anak-anak dari kelompok itu pada kelompok lain.

 

Kejahatan Terhadap Kemanusiaan  

Adalah setiap perbuatan yang dilakukan sebagai bagian dari serangan meluas atau sistematik yang ditujukan kepada suatu kelompok penduduk sipil, dengan mengetahui serangan itu. Perbuatan tersebut diantaranya :

1.    Pembunuhan

2. Pemusnahan / Pembasmian

3. Perbudakan

4. Deportasi atau pemindahan paksa penduduk

5. Memenjarakan atau perampasan berat atas kebebasan fisik dengan melanggar aturan-aturan dasar hukum internasional

6. Perkosaan, perbudakan seksual, pemaksaan prostitusi, penghamilan paksa, pemaksaan sterilisasi, atau suatu bentuk kekerasan seksual lain yang cukup berat

7. Kejahatan apartheid

8. Perbuatan tidak manusiawi lain yang memiliki  karakter yang sama yang secara internasional mengakibatkan penderitaan yang besar, luka serius terhadap tubuh, atau terhadap mental , atau kesehatan fisik seseorang.

 

Kejahatan Perang  

perbuatan melawan hak  seseorang atau kepemilikan seseorang  berikut ini dilindungi dibawah ketentuan-ketentuan yang diatur dalam konvensi Jenewa, yaitu:

  1. Pembunuhan sengaja;
  2. Penyiksaan atau perlakuan tidak manusiawi;
  3. Perbuatan yang dikendaki untuk menimbulkan penderitaan yang  dalam, atau lukabadan maupun kesehatan yang serius;
  4. Perusakan secara luas dan perampasan terhadap milik seseorang
  5. Pemaksaan terhadap tawanan perang
  6. Penyanderaan