Jelaskan pengertian:

Jelaskan pengertian:
a.parental
b.filial
c.dominan
d.resesif

Jawaban:

Parental: adalah organisme yang menjadi induk atau orang tua, yang melakukan perkawinan sehingga menghasilkan keturunan atau filial.

 

Filial: disebut juga organisme anakan atau turunan, adalah individu-individu yang dihasilkan oleh perkawinan organisme parental. Individu filial akan mewarisi gen dan sifat dari organisme parental.

 

Dominan: adalah gen dan sifat yang muncul pada organisme anakan. Sifat dominan akan muncul meski ada sifat lain yang berlawanan.

 

Resesif: adalah gen dan sifat yang hanya akan muncul pada organisme anakan bila tidak ada sifat lain yang berlawanan. Sebaliknya ada sifat lain yang berlawanan, sifat resesif akan tertutup oleh sifat dominan.

 

Contohnya adalah sifat golongan darah pada manusia.

 

Bila ada dua orang menikah, pria bergolongan darah A heterozigot dan wanita bergolongan darah O. Maka dalah hal ini, parental adalah pria dan wanita ini.

 

Bila keduanya kemudian memiliki seorang anak, maka anak ini adalah individu filial.

 

Kedua individu parental memiliki kromosom:

 

IAIO (golongan darah A heterozigot) x IOIO (golongan darah O)

 

Sifat golongan darah A adalah dominan, sedangkan golongan darahO adalah resesif. Sehingga golongan darah A akan tetap muncul meski ada kromosom yang membawa sifat golongan darah O (IO). Sementara itu golongan darah O adalah resesif dan hanya muncul bila tidak ada gen pembawa golongan darah lain.

 

Anak yang dhasilkan adalah filial. Anak dapat memiliki kemungkinan golongan darah:

 

IAIO (golongan darah A) = 50%

IOIO (golongan darah O)= 50%