Jelaskan pengertian asmaul husna!

Jelaskan pengertian asmaul husna!

Jawaban: 

Asmaul husna adalah 99 nama yang baik dan Indah dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang terdapat dalam AL Quran. Asma Artinya nama, sedangkan husna artinya baik.

PEMBAHASAN

Adik-adik yang sholeh , orang yang beriman kepada ALLAh pasti meyakini dan beriman kepada ALLAH sepenuh hati, termasuk beriman kepada nama-nama ALLAh yang mana nama-nama ini menggambarkan kebesaran Dzat ALLAH ta’ala.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala memiliki 99 nama yang baik dan Indah, atau dalam bahasa arab disebut dengan Asmaul Husna. Asma Artinya nama, sedangkan husna artinya baik. Kemudian secara harfiah gelar, sebutan dan nama-nama Allah ini disesuaikan dengan sifat-sifat Allah. Dan sifat serta nama inipun menyatu dalam kehebatan Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Ulama menyampaikan setiap nama dari Allah ini, memiliki khasiat bila di dzikirkan, sesuai dengan firman Allah dalam Surah Al-A’raf, ayat 180. Allah berfirman “Hanya milik Allah asmaa-ul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaa-ul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.” nah maka dari itu sangat penting bagi kita untuk selalu mendzikirkan Asmaul Husna agar Allah beri kebaikan dunia dan Akhirat.

Kakak contohkan, semisal kita membutuhkan pertolongan ALLAH dalam masalah keuangan, maka dzikirkan bahwa ALLAh itu Al ghoniyy , ALLAH Maha Kaya. Atau misal kita menginginkan ampunan dari ALLAh maka kita dzikirkan ALLAH AL Ghoffur , ALLAH Maha Pengampun. Dan demikian seterusnya dengan fadhilah-fadhilah yang luar biasa. Nah adik-adik jangan malas berdzikir ya !

Orang yang meneladani  Asmaul Husna maka dalam kehidupan sehari-hari  akan menjalani hidup ini dengan taat kepada Allah sesuai Sunnah Rasulullah SAW, mereka akan meyakini bahwa hidup sebenarnya adalah hidup yang diakhirat dan menghabiskan waktunya untuk mengumpulkan amal untuk kematiannya. Selain itu orang yang meyakini Asmaul Husna akan meyakini bahwa dirinya kecil dan tidak ada apa-apanya, sehingga ia akan hidup dengan rendah hati dan berusaha mengamalkan setiap asmaul husna dalam setiap perbuatannya.