Jelaskan maksud bahwa kemerdekaan indonesia adalah rahmat tuhan yang mahakuasa

Jelaskan maksud bahwa kemerdekaan indonesia adalah rahmat tuhan yang mahakuasa

Jawaban:

Maksud bahwa kemerdekaan Indonesia adalah rahmat tuhan yang Maha Kuasa adalah bahwa kemerdekaan yang kita peroleh sekarang ini adalah sebuah rahmat atau karunia dari tuhan yang Maha Kuasa. Kemerdekaan yang diperoleh karena adanya tekad dan semanngat juang para pejuang dahulu. Kemerdekaan Indonesia adalah rahmat tuhan yang maha kuasa telah di sebutkan dalam pembukaan UUD 1945 alenia ke 3.

 

Pembahasan

Kemerdekaan Indonesia adalah Rahmat Tuhan yang Maha Kuasa seperti tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 Alinea ke 3 yang berbunyi: “Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya”.

 

Dari isi UUD 1945 alenia ke 3 ini, dimaksudkan bahwa kemerdekaan indonesia adalah rahmat Tuhan Yang Maha Esa, yang berarti bahwa kemerdekaan negara Indonesia bukan hanya hasil dari perjuangan bangsa/rakyat indonesia saja, akan tetapi karena adanya rahmat atau karena adanya bantuan dan restu atas kuasa oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Kemerdekaan sebagai rahmat dan Anugrah Tuhan yang maha Esa merupakan sebuah motivasi atau peyemangat spiritual dalam perwujudan sikap dan keyakinan bangsa Indonesia terhadap Tuhan yang Maha Esa. Dengan ini, bangsa indonesia menyadari bahwa  adanya rahmat dari Tuhan yang Maha Esa , maka indonesia tidak akan Merdeka.

Sebagai generasi penerus bangsa, sudah sepatutnya kita untuk mengisi kemerdekaan ini. Cara terbaik mengisi kemerdekaan sebagai wujud mensyukuri rahmat Tuhan yang Maha Esa adalah dengan mewujudkan iman dan takwa dalam kehidupan sehari-hari, sesuai dengan ajaran agama masing – masing. Menjaga solidaritas dan menghormati antar keberagaman beragama yang ada di Indonesia ini.