Jelaskan latar belakang munculnya pemberontakan Andi Azis di Makassar pada tahun 1950

Jelaskan latar belakang munculnya pemberontakan Andi Azis di Makassar pada tahun 1950

Jawaban:

Pemberontakan Andi Azis terjadi di Makassar pada tahun 1950. Pemberontakan Andi Azis ini dilatarbelakangi oleh beberapa faktor yang melatarbelakanginya, yaitu:

  • Keinginan untuk mempertahankan keberadaan Negara Indonesia Timur (NIT).
  • Penolakan Andi Azis dan pasukannya atas kedatangan APRIS (Angkatan Perang Republik Indonesia Serikat) yang berasal dari TNI (Tentara Nasional Indonesia).

Pembahasan

Pemberontakan Andi Azis dipimpin oleh mantan perwira KNIL (Koninklijke Nederlands Indisch Leger) yang bernama Andi Azis. Pemberontakan Andi Azis dilakukan di Makassar pada tahun 1950. Dalam upaya pemberontakan tersebut Kapten Andi Azis dan pasukannya dibantu oleh seorang mantan jaksa agung NIT yang bernama Soumokil.

Pemberontakan Andi Azis dilakukan karena ingin mempertahan keberadaan NIT. Selain itu, pemberontakan ini juga terjadi karena dilatarbelakangi oleh faktor penyebab lain. Faktor penyebab tersebut adalah masuknya pasukan APRIS yang berasal dari Jawa (dari kubu TNI). APRIS sendiri terbentuk atas gabungan dua pasukan militer, yaitu TNI yang merupakan pasukan Indonesia dan KNIL yang merupakan pasukan Belanda.

Hal tersebut, menyebabkan adanya sentiment di antara kedua pasukan tersebut. Bahkan, kedatangan APRIS TNI yang berasal dari Jawa dianggap sebagai ancaman bagi APRIS KNIL di Makassar, Sulawesi Selatan. Padahal kedatangan APRIS TNI ke Makassar memiliki tujuan untuk membantu menembalikan stabilitas keamanan di Makassar yang kacau balau akibat berbagai aksi demonstrasi yang dilakukan oleh kelompok pro federal dan anti federal.

Pemberontakan Andi Azis sendiri berlangsung dalam waktu yang cukup lama, yakni sejak 5 April 1950 hingga awal Agustus 1950. Pemberontakan tersebut berhasil diredam oleh APRIS TNI dengan dipukul mundurnya pasukan Andi Azis di Makassar.