Jelaskan kelemahan dan kelebihan teori waisya?

Jelaskan kelemahan dan kelebihan teori waisya?

Jawaban: 

Kelemahan dari Teori Waisya adalah bahwa para waisya tidak menguasai bahasa sansekerta yang umumnya hanya dikuasai oleh kasta brahmana. Sehingga diragukan kebenarannya bahwa Kaum Waisyalah yang menyebarkan agama Hindu di Indonesia. Sedangkan kelebihan  dari Teori Waisya adalah kekayaan SDA atau sumber daya alam di Indonesia membuat banyak dari golongan pedagang dari Kaum Waisya untuk berdagang dan bertransaksi jual beli  di indonesia. Sembari berdagang, mereka juga menyebarkan ajaran Hindu kepada penduduk lokal di Indonesia.

Penjelasan:

Teori Waisya adalah teori yang menyatakan bahwa para kasta waisya atau para pedagang merupakan penyebar agama Hindu di Indonesia. Pendukung dari teori ini adalah N.J Krom. Ia menyatakan bahwa berkembangnya agama Hindu ke Indonesia dibawa oleh orang India golongan pedagang atau berkasta waisya. Mereka ternyata adalah golongan yang menjadikan munculnya budaya Hindu sehingga dapat diterima di kalangan masyarakat.

Selain dari Teori Waisya, ada juga berbagai teori lain yang sama-sama menujukan bahwa golongan tertentulah yang menyebarkan ajaran hindu di indonesia. Baik itu Teori Brahmana, Teori Ksatria, Teori Arus Balik dan Teori Sudra.