Jelaskan bagaimana perwujudan sikap tanggung jawab dalam pengembangan iptek​

Jelaskan bagaimana perwujudan sikap tanggung jawab dalam pengembangan iptek​!

Jawaban:

Berikut ini perwujudan sikap tanggung jawab dalam pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) :

  • Selalu memperhatikan etika dalam setiap pengembangan IPTEK.
  • Menjaga dan memperhatikan aspek pelestarian lingkungan sekitar.
  • Dalam pengembangan IPTEK senantiasa memperhatikan nilai gunanya.
  • Meminimalisir munculnya dampak negatif dari setiap pengembangan IPTEK.
  • Memperhatikan nilai-nilai budaya dan nilai-nilai agama yang telah ada.

 

Pembahasan

Dikutip dari Buku Pedoman Guru, I Nyoman Suparmito, (2021:12) 5 Perwujudan sikap tanggung jawab dalam pengembangan IPTEK.

Mengapa harus memperhatikan etika?

  • Dikarenakan dari pengembangan IPTEK diharapkkan tidak menabrak atau melanggar sejumlah nilai moral yang berlaku dalam masyarakat, oleh karena itu sebisa mungkin untuk tidak melanggar nilai moral yang terdapat di masyarakat.

Mengapa harus memperhatikan aspek pelestarian lingkungan?

  • IPTEK yang maju bukan menjadi alasan tercemarnya lingkungan sekitar, manusia dituntut untuk dapat mengembangkan iptek tanpa menimbulkan pencemaran lingkungan hidup yang dapat merusak ekosistem, supaya tidak muncul permasalahan baru yang kompleks.

Mengapa pengembangan IPTEK harus memperhatikan nilai gunanya ?

  • Karena pengembangan IPTEK tidak lain diperuntukkan bagi kemaslahatan atau kebaikan manusia, apabila tidak memiliki nilai guna maka namanya bukan pengembangan. Nilai guna tersebut berupa dapat meringankan masalah manusia, mampu menciptakan rasa aman bagi manusia, dapat menjadikan sesuatu lebih efisien dan efektif, menolong manusia untuk mencapai kemakmuran dan kesejahteraan.

Mengapa harus meminimalisir dampak negatif?

  • Karena sekali lagi pengembangan IPTEK ditujukan untuk kemaslahatan atau kebaikan manusia, apabila pengembangan itu malah menyebabkan dampak negatif atau masalah-masalah baru yang lebih baik, itu namanya bukan pengembangan malah akan terjadi kerusakan didalam masyarakat.

Mengapa harus memperhatikan nilai budaya dan agama?

  • Karena IPTEK adalah produk budaya manusia, sepatutnya pengembangannya pun juga harus memperhatikan nilai-nilai budaya, dan juga harus memperhatikan nilai-nilai agama supaya tidak melanggar nilai-nilai suci yang diajarkan oleh agama, apalagi Indonesia ini juga berlandaskan nilai-nilai ketuhanan yang tercantum dalam sila pertama Pancasila.