Jelaskan apa yang dimaksud sumber daya alam

Jelaskan apa yang dimaksud sumber daya alam

Jawaban: 

Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang berasal dari alam yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

Pembahasan

Sumber daya alam berdasarkan bentuknya dapat dibagi menjadi sumber daya alam hayati dan sumber daya alam non-hayati.

Sumber daya alam hayati berasal dari makhluk hidup seperti tanaman, hewan, dan mikroba. Contoh dari sumber daya alam hayati ini adalah pinus, yang merupakan jenis tanaman.

Pinus ini sebagai sumber daya alam dapat digunakan kayunya sebagai bahan bangunan dan bahan pembuatan kertas.

Karena sumber daya alam hayati berasal dari makhluk hidup, maka sumber daya alam bisa dibudidayakan dan dikembangkan lagi, sehingga bila dikelola dengan baik tidak akan habis. Karena itu sumber daya alam dapat dikelompokkan juga ke dalam sumber daya alam yang dapat diperbaharui.

Sumber daya alam non-hayati berasal dari benda tak hidup seperti air, tanah, sinar matahari dan mineral.

Berdasarkan kemampuan untuk dapat diperbarui jumlahnya, sumber daya alam dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu sumber daya alam yang dapat diperbarui dan yang tidak dapat diperbarui.

Sumber daya yang dapat diperbaharui tidak akan habis meski terus menerus digunakan, karena akan mengalami pembaharuan jumlahnya.

Contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui: hasil tanaman dan hewan ternak, sinar matahari, panas bumi, gelombang air laut, dan tenaga angin.

Sumber daya tidak dapat diperbaharui akan habis bila kita gunakan, dan jumlahnya tidak akan bertambah lagi.

Contoh sumber daya tidak dapat diperbaharui: batu bara, minyak bumi dan gas alam