Jelaskan 4 manfaat dalam menyanyi secara vokal grup!

Jelaskan 4 manfaat dalam menyanyi secara vokal grup!

Jawaban:

Manfaat dalam bernyanyi secara vokal grup:

  1. Nyanyian lebih harmoni dengan jenis suara yang beragam.
  2. Dapat saling melengkapi dan menutupi kekurangan anggota saat bernyanyi.
  3. Suara yang dihasilkan lebih kuat.
  4. Menambah kegembiraan bernyanyi karena bernyanyi bersama-sama.

 

Penjelasan

Vokal group adalah beberapa orang yang bernyanyi bersama- sama. Biasanya anggota vokal group memiliki jenis suara yang berbeda. Masing- masing jenis suara akan diatur nada dan harmoni agar dapat menampilkan nyanyian yang indah.

Manfaat / kelebihan bernyanyi secara vokal grup:

  1. Banyak jenis suara dari anggota group menghasilkan harmoni yang indah. Seperti dalam vokal group perempuan yang memiliki suara tinggi, dan rendah dapat bernyanyi dengan nada yang berbeda tetapi tetap harmoni.
  2. Bernyanyi bersama- sama dapat saling melengkapi dan menutupi kekurangan. Seandainya ada anggota yang salah nada atau menyebut lirik lagu saat bernyanyi, akan tertutupi oleh personil lainnya.
  3. Volume dan kekuatan suara yang dihasilkan lebih besar. Banyaknya orang yang bernyanyi bersama akan semakin memperkuat suara yang dapat didengarkan.
  4. Bernyanyi sendiri sudah menjadi pemicu hormon kegembiraan (endorfin) bagi penyanyi dan yang mendengarkan. Bernyanyi bersama-sama sama akan lebih menambah kegembiraan. Hal ini sangat bermanfaat untuk kesehatan mental seseorang.

Kekurangan bernyanyi secara vokal grup:

  1. Perlu menjaga kekompakan dalam menyatukan harmoni. Biasanya perlu waktu dan kesabaran lebih saat latihan vokal group.
  2. Sulit melacak kesalahan karena suara hampir menjadi satu. Hal ini kecuali bagi pendengar yang peka dan mengenal karakter suara dari masing-masing personil vokal groupnya.