Iman artinya…

Iman artinya…

Jawaban:

Iman secara bahasa berarti percaya … Pengertian iman menurut ilmu tauhid adalah meyakini dalam hati, mengucapkan apa yang kita yakini dalam hati tadi dengan lisan, dan mengamalkan dalam perbuatan sehari” apa yang sudah kita yakini dalam hati dan sudah kita ucapkan dengan lisan.

 

Pembahasan

Rukun iman ada 6 :

1) iman kepada Allah

2) iman kepada malaikat Allah

3) iman kepada kitab” Allah

4) iman kepada Nabi dan Rosul” Allah

5) iman kepada hari ahir

6) iman kepada qadha’ dan qadar Allah

 

Sebagaimana sabda Rosulullah :

أَنْ تُؤْمِنَ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ وَتُؤْمِنَ بِالْقَدَرِ خَيْرِهِ وَشَرِّهِ … (رواه مسلم)

Artinya : “Kamu beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, para Rasul-Nya, hari akhir, & kamu beriman kepada takdir yang baik & yang buruk.” (HR. Muslim no. 9)

 

Adapun cabang dari iman ada 77 cabang, cabang tertinggi adalah mengucapkan laa ilaha illallah, dan yang terendah adalah menyingkirkan rintangan dari jalanan.

 

Keimanan manusia dapat bertambah dan dapat berkurang, sebagaimana dalam al-qur’an surat al-anfal ayat 2

إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ الَّذِينَ إِذَا ذُكِرَ اللَّهُ وَجِلَتْ قُلُوبُهُمْ وَإِذَا تُلِيَتْ عَلَيْهِمْ آيَاتُهُ زَادَتْهُمْ إِيمَانًا وَعَلَىٰ رَبِّهِمْ يَتَوَكَّلُونَ

Artinya : Sesungguhnya orang-orang yang beriman ialah mereka yang bila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya bertambahlah iman mereka (karenanya), dan hanya kepada Tuhanlah mereka bertawakkal.