Hubungan antar tulang tengkorak termasuk sendi​?

Hubungan antar tulang tengkorak termasuk sendi​?

Jawaban:

Hubungan antar tulang tengkorak termasuk sendi sinartrosis sinfibrosis. SInartrosis sinfibrosis adalah persendian yang tidak memungkinkan adanya pergerakan dan dihubungkan dengan jaringan ikat padat. Adapun tulang tengkorak yang berhubungan dengan tulang atlas merupakan sendi putar.

 

Pembahasan

Sistem gerak pada manusia terdiri dari rangka, sendi dan otot. Rangka tersusun oleh tulang-tulang, dan hubungan antar tulang-tulang tersebut disebut dengan sendi. Dan otot berperan sebagai alat gerak pasif yang mendukung kita melakukan gerakan-gerakan.

Artikulasi atau persendian  adalah bagian dari sistem gerak yang memungkinkan untuk terjadinya pergerakan. Berdasar sifat geraknya, persendian dibedakan menjadi:  

1. Sinartrosis

  • Disebut juga sendi mati adalah persendian yang tidak memungkinkan terjadinya gerakan.
  • Dibedakan menjadi dua macam yaitu sinfibrosis dan sinkondrosis.
  • Sinfibrosis adalah hubungan antar tulang yang dihubungkan dengan jaringan ikat serabut padat, contoh pada tengkorak.
  • Sinkondrosis adalah persendian oleh tulang rawan (kartilago) hialin, contoh hubungan antar ruas tulang belakang/tulang rusuk.2. Amfiartrosis
    • Amfiartrosis merupakan persendian dengan gerakan terbatas.
    • Terdiri dari:
    1. Simfisis merupakan persendian yang dihubungkan oleh jaringan tulang rawan yang tipis. Contoh simfisis adalah sendi antar tulang belakang dan pada tulang kemaluan.
    2. Sindesmosis merupakan persendian yang dihubungkan oleh banyak jaringan ikat. Contoh sindesmosis adalah sendi antara tibia (tulang kering) dan fibula (tulang betis).

    3. Diartrosis

    Berdasar arah pergerakannya, diartrosis dibagi menjadi:

    a. Sendi engsel, memungkinkan gerakan satu arah maju atau mundur. Contoh sendi engsel adalah persendian pada siku, lutut, dan persendian antararuas jari tangan.

    b. Sendi putar, memungkinkan gerakan tulang yang satu mengelilingi tulang lainnya sebagai poros. Contoh sendi putar adalah persendian tulang tengkorak dan tulang atlas serta persendian tulang hasta dan tulang pengumpul.

    c. Sendi peluru, memungkinkan gerak ke segala arah. Contoh sendi peluru adalah persendian antara tulang paha dan tulang gelang panggul serta antara persendian pangkal lengan atas dan gelang bahu.

    d. Sendi pelana, contoh sendi pelana lainnya adalah persendian tulang tumit dan tulang kering.

    e. Sendi geser, memungkinkan gerakan tulang yang satu menggeser pada tulang yang lain. Contoh sendi geser adalah persendian antartulang karpal (pergelangan tangan).

    f. Sendi luncur, memungkinkan gerakan badan melengkung ke depan, ke belakang atau memutar. Contoh sendi antar tulang belikat (skapula) dan tulang selangka (klavikula).

    Terdapat gangguan-gangguan atau kelainan pada sistem gerak khususnya persendian yang dapat disebabkan karena kecelakaan, aktivitas sehari-hari, olahraga, dan sebagainya.