Haloalkana yang dugunakan sebagai antiseptik pada luka adalah

Haloalkana yang dugunakan sebagai antiseptik pada luka adalah

Jawaban: 

Haloalkana yang dugunakan sebagai antiseptik pada luka adalah CHI₃ (iodoform)

Pembahasan

Senyawa karbon adalah senyawa yang tersusun dari unsur – unsur organik misalnya unsur C, unsur H, unsur O, unsur N dan lain – lain. Gugus fungsi adalah gugus atom yang menentukan struktur dan sifat dari senyawa karbon tersebut. Terdapat 7 gugus fungsi senyawa karbon yaitu :

a. Alkohol ( -OH)

b. Eter (-O-)

c. Aldehid (-CHO)

d. Keton (-CO-)

e. Asam karboksilat (-COOH)

f. Ester (-COO-)

g. Haloalkana

 

Haloalkana

 

Fungsi haloalkana

 

Haloalkana

Rumus umum haloalkana adalah R – X dengan R adalah alkil dan X adalah = halida (halogen / F, Cl, Br, I) . Rumus molekulnya adalah 

 

Tata nama Haloalkana (IUPAC)

a. Rantai utama dalah rantai karbon paling panjang yang memuat atom Halogen

b. Penomeran dimulai dari ujung yang paling dekat dengan atom Halogen

c. Jika terdapat lebih dari satu jenis atom halogen yang berbeda, maka urutan prioritas penomeran adalah berdasarkan kereaktifannya F > Cl > Br > I dan penulisannya tetap berdasarkan urutan abjad

d. Jika terdapat atom Halogen sejenis lebih dari satu, maka menggunakan Awalan Bahasa Yunani yaitu 2 = di ; 3 = tri ; 4 = tetra dan 5 = penta

e. Jika terdapat cabang alkil maka penulisan atom Halogen didahulukan

 

Beberapa contoh senyawa haloalkana berdasarkan fungsinya adalah

CHCl₃ (kloroform)

Cl – CH – Cl

I

Cl

Triklorometana atau yang lebih dikenal dengan kloroform. Kloroform merupakan cairan yang tidak berwarna dan memiliki bau yang menyengat. Kloroform sering digunakan untuk obat bius pada sistem saraf pusat tetapi sudah ditinggalkan karena dapat membahayakan kesehatan yaitu organ liver dan ginjal.

 

CHI₃ (iodoform)

I – CH – I

I

I

Iodoform merupakan padatan yang dalam bentuk serbuk berwarna kuning. Iodoform digunakan sebagai antiseptik untuk mengurangi infeksi dan luka.

 

CH₂ = CH – Cl (kloroetana)

H – C = C – Cl

I      I

H    H

Kloroetana adalah gas yang tak berwarna dan memiliki bau amis. Karena berwujud gas, kloroetana sering digunakan untuk anestesi inhalasi.

 

CCl₄ (tetraklorometana)

Cl

I

Cl – C – Cl

I

Cl

Cairan yang tak berwarna dan berbau amis yang berfungsi sebagai pelarut untuk oli dan lemak. Fungsi lain yaitu dalam pencucian kering (dry cleaning) pada industri laundry baju.

 

 

CHI₃ (iodoform)