Deskripsikan keadaan muka bumi salah satu pulau besar di indonesia

Deskripsikan keadaan muka bumi salah satu pulau besar di indonesia

Jawaban: 

Deskripsikan keadaan muka bumi salah satu pulau besar di Indonesia:

 

Pulau Jawa: pulau ini memiliki dataran rendah di wilayah bagian utara dan pegunungan di wilayah selatan. Pulau Jawa memiliki banyak pegunungan dan sungai yang membuatnya menjadi sangat subur dan menunjang jumlah penduduk yang besar.

 

Pembahasan:

 

Indonesia terdiri dari sekitar 17 ribu pulau dengan 5 pulau besar, Sumatera, Jawa,

Sulawesi, Kalimantan dan Papua. Pulau Jawa adalah pulau terbesar kelima di Indonesia dan terbesar ke-13 di dunia, denga area sebesar 138.000 km2.

 

Dari segi jumlah penduduk, maka Jawa adalah pulau dengan jumlah penduduk terbesar di dunia, dengan jumlah penduduk sekitar 145 juta jiwa.

 

Pulau Jawa adalah pulau yang secara umum digambarkan memiliki dataran rendah di wilayah utara, menghadapLaut Jawa, dan dataran tinggi serta pegunungan di bagian selatan yang dekat Samudera Hindia.

 

Wilayah utara pulau Jawa banyak dialiri sungai besar yang membuat wilayah ini cocok untuk pertanian. Singai ini misalnya adalah sungai Cisadane, Citarum, Bengawan Solo dan Brantas.

 

Wilayah selatan terdapat banyak pegunungan dan gunung berapi. Gunung berapi ini misalnya adalah Gunung Tangkuban Perahu, Gunung Gede, Gunung Merapi, Gunung Kelud, Gunung Semeru dan Gunung Merapi. Abu volkanik dari gunung ini, ditambah dengan aliran sungai, membuat tanah Jawa menjadi sangat subur. Kesuburan ini memungkinkan pertanian padi intensif dan menjunjang jumlah penduduk yang besar.

 

Karena banyaknya jumlah penduduk di Jawa, lahan hutan yang masih alami terbatas, yaitu hanya didapati di wilayah sekitar taman nasional. Misalnya di Taman Nasional Ujung Kulon dan Alas Purwo.