Ceritakan fenomena alam angin muson di Indonesia!

Ceritakan fenomena alam angin muson di Indonesia!

Jawaban:

Angin muson adalah angin yang mempengaruhi cuaca di Indonesia. Angin muson yang berhembus dan mempengaruhi cuaca di Indonesia yaitu angin muson barat dan angin muson timur. Angin muson barat bertiup sekitar bulan Oktober- April, sedangkan angin muson timur sekitar bulan April – Oktober.

Angin bertiup dari tempat yang bertekanan udara tinggi ke tempat yang bertekanan udara rendah.

 

Musim dingin bulan sekitar bulan Oktober di belahan bumi utara menyebabkan tekanan udara tinggi, angin muson barat bertiup dari Asia (melewati Samudera Hindia) menuju ke belahan bumi bagian selatan, melewati Indonesia. Angin muson barat membawa banyak uap air dari Asia dan Samudera Hindia, menyebabkan curah hujan tinggi di Indonesia.

 

Di sekitar bulan April, belahan bumi selatan mengalami musim dingin. Tekanan udara di belahan bumi selatan lebih tinggi karena udara dingin. Angin muson timur bertiup dari Australia (belahan bumi selatan) menuju ke Asia. Daratan Australia didominasi oleh padang gurun, sehingga angin muson timur bersifat kering dan panas. Angin muson timur menyebabkan musim kemaran di Indonesia.