Buatlah contoh iklan

Buatlah contoh iklan

Jawaban:

CONTOH IKLAN :

 

Anda tahu Jahe Susu, bukan? Tapi, kami mempunyai Jahe Susu paling berbeda dari yang pernah Anda rasakan sebelumnya! Rasanya terbuat dari sari jahe dan susu asli pilihan. Kami adalah ahlinya! Datanglah ke ‘Angkringan Jatuh’ di depan Galeri Seni! Silahkan hubungi kami di layanan pelanggan di bawah ini.

 

CONTOH IKLAN DALAM DIALOG:

 

Lia : “Hai bund, apa kabar nih?”

Santi : “Lhoo… kok elo masih pakai sepatu yang itu-itu aja sih?? Kaya gue dong.. dari pagi sampai malam, ke kantor, rapat, sampai belanja selalu pakai high heels, biar lebih percaya diri dan tampil seksi.”

Lia : “Beneran tuh bund? Kamu seharian pakai high heels?? Gak bahaya buat kesehatan kamu…?”

Santi : “Bahaya? Lo liat aja gue sekarang… Baik-baik aja kan? Oh iya… Gue tinggal pergi dulu ya… Suami gue udah nunggu soalnya.”

 

*Tiba-tiba high heels Santi patah pada saat berjalan

 

Lia : “Makanya bund, beli high heels di Ultra prima… Kualitas terjaga harga pun terjamin.”

 

PEMBAHASAN

 

Teks iklan adalah sebuah teks yang membujuk, mendorong, serta mengajak khalayak ayat tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan. Pesan yang disampaikan melalui media masa seperti televisi, radio, surat kabar, dan internet.

 

Iklan adalah sebuah bentuk promosi yang berguna untuk memberi informasi kepada khalayak.

 

Ciri-ciri Teks Iklan

 

Keberhasilan sebuah iklan dapat ditentukan pada seberapa menarik jasa atau iklan tersebut ditawarkan. Iklan memiliki ciri yang tertulis dalam penyampaiannya pada khalayak. Ciri tersebut antara lain:

 

  1. Menggunakan kalimat persuasif
  2. Menyertakan gambar yang menarik
  3. Menggunakan subjek orang pertama
  4. Menggunakan kalimat slogan

 

Kaidah Kebahasaan Teks Iklan

 

1. Kalimat Persuasif

 

Kata-kata yang terdapat dalam teks iklan harus bersifat persuasif (ajakan) agar para konsumen percaya terhadap produk atau jasa yang ditawarkan. Kalimat persuasif ditemui dengan kata : ayo, mari, , serta kata ajakan lainnya.

 

Contoh kalimat:

 

  • Ayo melaksanakan vaksinasi agar imun tubuh menjadi kuat!
  • Ayo berolahraga dengan teratur setiap hari agar tubuh tetap sehat!
  • Ayo terapkan prinsip hidup jujur agar Indonesia bisa bebas dari korupsi!

 

2. Kalimat Imperatif

 

Imperatif adalah sebuah permintaan, ajakan, dorongan ataupun larangan pada sebuah teks iklan. Kalimat imperatif ditemui dengan kata : hindarlah, hendaknya, jangan, serta kata yang bersifat perintah.

 

Contoh kalimat:

 

  • Hindarlah perbuatan korupsi yang merugikan negara!
  • Jangan takut untuk divaksinasi!
  • Janganlah membuang sampah sembarangan!

 

3. Berkesan Positif

 

Sebuah iklan tidak mungkin menjelekkan produknya sendiri, pastinya semua perusahaan yang membuat iklan akan memberikan kesan positif untuk barang atau jasa yang ditawarkan. Oleh karena itu, teks iklan haruslah terkesan positif dihadapan para pembacanya. Ini sangat berguna untuk menarik perhatian pembaca.

 

4. Kalimat Fakta

 

Fakta adalah kebenaran yang nyata terkait produk. Sebuah iklan harus terdapat sebuah fakta. Contohnya seperti identitas produk, komposisi, dan kegunaan.

 

Contoh Kalimat:

 

  • Menu Big Breakfast McD terdiri atas english muffin, sosis, scramble egg, dan hashbrown.
  • Indomie, Mie Instant, Mie Goreng Rasa Ayam Bawang.
  • Malang Kota – Batu – Kepanjen – Lawang – Tumpang.

 

5. Kalimat Simpleks

 

Sebuah iklan yang menarik adalah iklan yang tidak bertele-tele melainkan menyampaikan langsung apa tujuannya. Iklan yang tidak bertele-tele dan tidak membosankan akan memudahkan konsumen mengingat serta memberi kesan.

 

Contoh kalimat:

 

  • Bantu Semangat OK Lagi
  • Healthy Inside Fresh Outside
  • Kembalikan Ionmu

 

6. Kata Berirama

 

Sebuah iklan yang memiliki rima atau pengulangan nada yang sama agar iklannya berkesan bagi konsumen.

 

  • Ketika datang ke Jakarta Rasanya langsung jatuh cinta
  • Berkunjung ke Sulawesi Seketika mendapat inspirasi
  • Ibu itu seperti mawar Karena jago menawar

 

STRUKTUR TEKS IKLAN

 

Untuk membuat sebuah iklan yang baik serta benar harus diperhatikan 3 struktur teks iklan berikut ini:

 

  • Judul adalah bagian yang diletakkan pada bagian paling atas, tetapi tidak semua iklan mencantumkan judul.
  • Nama produk atau jasa adalah bagian yang berisi tentang nama produk atau jasa yang akan ditawarkan kepada konsumen.
  • Deskripsi adalah bagian yang menjelaskan produk atau jasa yang akan ditawarkan kepada masyarakat, deskripsi ini ditulis dengan nama produk, bahan, dan alamat atau nomor yang bisa dihubungi.

 

Fungsi Teks Iklan

 

Untuk menbedakannya dengan informasi biasa, iklan lebih ditujukan guna membujuk orang agar membeli suatu produk. Iklan memiliki beberapa fungsi, yaitu sebagai berikut:

 

  • Sebagai mengarahkan konsumen untuk membeli.
  • Sebagai mengingatkan konsumen tentang produk tertentu.
  • Sebagai menyampaikan informasi produk baru.