Berusaha menjadi orang sukses termasuk dalam?

Berusaha menjadi orang sukses termasuk dalam?

Jawaban:

Berusaha menjadi orang yang sukses merupakan salah satu hal yang termasuk dalam hikmah dari beriman kepada Qadha dan Qadar Allah. Hal ini karena orang yang beriman kepada Qadha dan Qadar Allah yakin bahwasannya kita dapat menjadi orang sukses jika kita berusaha mengubah diri kita dengan giat untuk menjadi orang yang sukses. Hal ini karena kesuksesan merupakan salah satu bagian dari takdir muallaq sehingga masih dapat berubah dari usaha dan do’a yang kita lakukan. Semakin besar dan banyak usaha dan do’a yang kita lakukan maka semakin besar juga kemungkinan kita akan meraih kesuksesan.

Pembahasan

Iman kepada Qada dan Qadar merupakan salah satu bagian dari rukun iman yang harus diyakini oleh semua orang yang sudah termasuk orang mukallaf. Iman kepada Qada dan Qadar di dalam salah satu hadis Nabi Muhammad disebut sebagai rukun iman yang ke 6. Di mana keimanan kepada Qada dan Qadar disebutkan setelah keimanan kepada Allah, keimanan kepada malaikat Allah, keimanan kepada kitab yang Allah turunkan kepada rasul utusannya, keimanan kepada rasul utusan Allah dan keimanan kepada hari kiamat.

 

Keimanan kepada Qada dan Qadar Allah jika dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari akan memberikan banyak dampak positif dalam hidup. Contoh dampak positif dari keimanan kepada qada dan qadar Allah antara lain adalah

  • Meningkatkan nilai keimanan kita kepada Allah.
  • Menjadi pribadi yang memiliki perilaku tawakkal kepada Allah.
  • Menjadi pribadi yang memiliki optimis dalam melakukan sesuatu.
  • Menjadi pribadi yang memiliki giat dalam beriktiar dan berdo’a untuk meraih yang diinginkan.
  • Menjadi pribadi yang memiliki yang selalu berbaik sangka kepada Allah dan kepada semua makhluk.
  • Mendapat pahala dari Allah yang menjadi tabungan buat kehidupan di alam akhirat kelak.