Berikut yang termasuk, hubungan antara perubahan sosial dengan perubahan kebudayaan adalah

1 Berikut yang termasuk, hubungan antara perubahan sosial dengan perubahan kebudayaan adalah A perubahan kebudayaan diikuti olch perubahan sosial B. perubahan sosial diikuti oleh perubahan kebudayaan C perubahan sosial tidak selalu dikuti oleh perubahan kebudayaan D. perubahan kebudayaan sama dengan perubahan sosial 2. Penyebab perubahan sosial budaya yang berasal dari dalam masyarakat dliannys berkaitan dengan demografi adalah A. lingkungan alam B. peperangan C. pengaruh masyarakat lain D, bertambah dan berkurangnya penduduk 3. Peruhahan sosial budaya yang membawa pengaruh kecil terhadap kehidupan masyarakat adalah A. pemberontakan B. perubahan gaya rambut C. pembangunan D. bencana alam kalianns 4 Sikap masyarakat yang tidak mau menerima hal-hal baru dari luar seperti yang dilakukan oleh orang-orang tua yang konservatif karena trauma terhadap penjajahan adalah penghambat perubahan sosial budaya yang berupa. A. sikap tradisional masyarakat ketahua didikan yang terhambat C. kepentingan yang tertanam dengan kuat D. prasangka terhadap hal-hal baru 5. Agar bangsa Indonesia tidak ketinggalan pada era globalisasi, hal-hal yang dapat dilakukan di antaranya adalah A menutup diri dari bangsa lain B. penguasaan berbagai iptek C menyesuaikan diri dengan keadaan D membuka seluas-luasnya terhadap dunia luar 6. Perdagangan bebas adalah salah satu globalisasi dalam bidang A iptek B. komunikasi i beriku C transportasi D ekonomi 7. Dampak positif dari adanya globalisasi adalah.. A. terbukanya informasi, efisiensi, dan efektivitas B, perilaku individualis C. pencemaran lingkungan D memudamya budaya lokal 8.bangsa lunturnya nilai dan semangat kekeluargaan, serta musyawarah lembaga perwakilan rak syawarah mufakat di negatif tu indikasi dampak 8. Lun Aoblisi dalam bidg B. ekonomi C. IPTEK D. komunikasi 9. Dalam masyarakat sekarang ini sering temukan manusia yang cenderung mengejar berperilaku meniru gaya hidup bangsa barat dengan tujuan untuk men ketertinggalan dengan bangsa lain. Sikap semacam ini adalah contoh dari…. A. sekularisme B. hedonisme C. konsumtivisme D. westernisasi 10. Sebagai seorang pelajar sebaiknya menyikapi perubahan sosial dan globalisasi dengan cara.. A. apriori terhadap segala bentuk perubahan B. menerima setiap perubahan tanpa kecuali C. masa bodoh pada setiap perubahan D. kritis dan terbuka dengan menyaring segala bentuk perubahan B. Esai 1. Mengapa masyarakat senantiasa mengalami perubahan sosial budaya? 2. Bagaimana perubahan sosial budayanya jika suatu masyarakat menu diri dari dunia luar? 3. Jelaskan globalisasi yang terjadi dalam bidang iptek di Indonesia! 4. Seburkan pengaruh positif dari globalisasi yang sudah kalian rasakan 5. Jelaskan pendapatmu tentang upaya dan sikap yang tepat sebagai pe dalam menghadapi globalisasi namun tetap mengedepankan ken bangsa yang luhur!

Jawaban: 

1. Berikut yang termasuk, hubungan antara perubahan sosial dengan perubahan kebudayaan adalah ….

C. perubahan sosial tidak selalu dikuti oleh perubahan kebudayaan

2. Penyebab perubahan sosial budaya yang berasal dari dalam masyarakat berkaitan dengan demografi adalah …

D. bertambah dan berkurangnya penduduk

3. Peruhahan sosial budaya yang membawa pengaruh kecil terhadap kehidupan masyarakat adalah …

B. perubahan gaya rambut

4. Sikap masyarakat yang tidak mau menerima hal-hal baru dari luar seperti yang dilakukan oleh orang-orang tua yang konservatif karena trauma terhadap penjajahan adalah penghambat perubahan sosial budaya yang berupa …

A. sikap tradisional masyarakat

5. Agar bangsa Indonesia tidak ketinggalan pada era globalisasi, hal-hal yang dapat dilakukan di antaranya adalah …

B. penguasaan berbagai iptek

6. Perdagangan bebas adalah salah satu globalisasi dalam bidang …

D. ekonomi

7. Dampak positif dari adanya globalisasi adalah …

A. terbukanya informasi, efisiensi, dan efektivitas

8. Lunturnya nilai dan semangat kekeluargaan, serta musyawarah lembaga perwakilan rakyat musyawarah mufakat indikasi dampak  negatif globalisasi di bidang …

A. politik

9. Dalam masyarakat sekarang ini sering temukan manusia yang cenderung mengejar berperilaku meniru gaya hidup bangsa barat dengan tujuan untuk mengikuti ketertinggalan dengan bangsa lain. Sikap semacam ini adalah contoh dari …

D. westernisasi

10. Sebagai seorang pelajar sebaiknya menyikapi perubahan sosial dan globalisasi dengan cara …

D. kritis dan terbuka dengan menyaring segala bentuk perubahan

 

B. Esai

1. Mengapa masyarakat senantiasa mengalami perubahan sosial budaya?

Masyarakat senantiasa mengalami perubahan sosial budaya karena adanya faktor :

  • Perubahan jumlah penduduk suatu daerah atau suatu negara, peningkatan ini menyebabkan peningkatan  jumlah kebutuhan dan memicu persaingan untuk mendapatkan kebutuhan tersebut.
  • Adanya inovasi dan penemuan baru dalam bidang iptek
  • Adanya konflik, pertentangan, pemberontakan dan peperangan pada suatu masyarakat
  • Perubahan pada lingkungan dan alam sekitar bisa disebabkan oleh manusia atau karena faktor alam
  • Besarnya pengaruh yang berasal dari budaya lain yang dianggap lebih bagus dan bisa ditiru

2. Bagaimana perubahan sosial budayanya jika suatu masyarakat menutup diri dari dunia luar?

Perubahan sosial budaya akan sulit terjadi dan terhambat sehingga memerlukan waktu yang lama karena masyarakat yang tertutup sulit menerima budaya baru dan mempertahankan tradisi-tradisi lama yang masih tradisional. Akibatnya masyarakat tidak akan berkembang.

3. Jelaskan globalisasi yang terjadi dalam bidang iptek di Indonesia!

Globalisasi di bidang Iptek yang terjadi di Indonesia dipengaruhi oleh kemajuan iptek dari luar negeri. Kemajuan Iptek membuat masyarakat menjadi lebih mudah dalam melakukan aktivitas dan lebih mudah untuk memenuhi kebutuhannya. Mesin-mesin telah banyak menggantikan peran manusia, alat-alat komunikasi jarak jauh dan alat-alat transportasi yang serba cepat. Barang-barang impor hasil teknologi bangsa lain menjadi konsumsi bangsa indonesia, seperti : mobil, komputer, handphone, laptop, pad dan lain-lain. Maka dari itu bangsa Indonesia harus mampu ikut bersaing mengembangkan Iptek, hal ini harus dilakukan karena bangsa yang menguasai iptek maka bangsa itu yang akan memenangi persaingan dalam era globalisasi saat ini.

4. Sebutkan pengaruh positif dari globalisasi yang sudah kalian rasakan !

  • kemudahan berkomunikasi meskipun jarak jauh
  • keterbukaan informasi dan berkembangnya demokrasi
  • berkembangnya sektor pariwisata
  • IPTEK yang semakin maju dan berkembang
  • pertumbuhan ekonomi dan pendapatan masyarakat yang meningkat
  • mobilitas penduduk yang semakin lancar dan cepat
  • semua pekerjaan bisa dikerjakan dengan efektif dan efisien

5. Jelaskan pendapatmu tentang upaya dan sikap yang tepat sebagai pelajar dalam menghadapi globalisasi namun tetap mengedepankan kepentingan bangsa yang luhur !

Sebagai pelajar dalam menghadapi globalisasi hendaknya dapat memilih, memilah dan menyaring perubahan yang bermanfaat terhadap kepentingan pribadi, masyarakat, sekolah dan negara. Sebagai pelajar harus mampu memfilter segala bentuk informasi khusunya berita berita hoax yang beredar yang nantinya dapat memperbelah bangsa. Pelajar harus menjadi contoh dan agen of change dari globalisasi positif.