Berikut yang merupakan bentuk latihan kecepatan adalah​

Berikut yang merupakan bentuk latihan kecepatan adalah​

Jawaban:

Latihan kecepatan merupakan ketangkasan gerakan pada tungkai. Kecepatan sendiri dipengaruhi oleh gerakan yang dimiliki atlet, tenaga khusus, daya tahan kekuatan dan teknik. Bentuk latihan kecepatan ada 3 yakni : lari sprint berulang, latihan polymetric, kemudian latihan split – squat- jump.

Pembahasan

  • Lari Sprint Berulang

Lari sprint dapat dijadikan pilihan alternatif untuk menambah kecepatan dalam diri. Lari sprint sendiri merupakan istilah yang digunakan untuk menunjukkan olahraga lari dengan menggunakan kecepatan tinggi pada jarak dekat, akan tetapi kecepatan pada sprint ini perlu diingat. Kecepatan lari sprint sendiri lebih tinggi dari lari biasa dan juga lebih rendah dari kemampuan lari maksimal, Jadi untuk melakukan lari sprint ini harus mengetahui bagaimana kondisi fisik dan juga kemampuan yang dimiliki. Ada baiknya untuk mencatat rekor waktu ketika melakukan latihan kecepatan dengan menggunakan lari sprint. Rekor yang dicatat tersebut bisa  dijadikan perbandingan sebagai acuan untuk meningkatkan kecepatan. Lakukan latihan ini  dengan maksimal dua kali seminggu dan lihat bagaimana perubahan rekor lari sprint yang didapatkan.

  • Latihan Plyometric

Latihan gerak yang dilakukan dengan lompatan dari titik seseorang berdiri ke titik lain yang lebih tinggi. Gerak ini sangat baik untuk membuat otot kaki menjadi lebih kuat dan lebih cepat dalam memberikan efek kontraksi otot. Sehingga jika dilakukan dengan rutin dari waktu ke waktu, maka semakin hari kemampuan kecepatan yang semakin baik. Selain itu  juga akan memperoleh kekuatan pada kaki.

  • Latihan Split – Squat – Jump

Jenis latihan ini dapat dilakukan dengan posisi awal seperti akan melakukan squat akan tetapi kaki di buka lebih lebar. Selanjutnya adalah melakukan squat dengan sambil melakukan lompatan. Artinya seseorang akan melakukan squat sambil berpindah tempat dari satu titik ke titik yang lainnya. Ulangi latihan seperti ini sebanyak 3 set dalam satu kali latihan, dan untuk masing-masing kaki sebanyak 10 kali dalam satu set. Jika hal ini dilakukan secara rutin maka kecepatan juga akan meningkat.